OPS LILIN 2016 : Pengamanan Natal dan Tahun Baru Polres Wonosobo Terjunkan Setengah Jumlah Pasukan

Dalam rangka melaksanakan pengamanan Perayaan Natal tahun 2016 dan Tahun Baru 2017 Polres Wonosobo mengerahkan separuh jumlah personelnya untuk melaksanakan pengamanan. Baik di tempat peribadatan, lokasi wisata maupun titik-titik rawan lainnya. Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan, S.I.K. mengecek langsung kesiapan anggotanya dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2016 di Lapangan Mapolres Wonosobo, Kamis (22/12) pagi.

Dalam sambutannya, Kapolres menyampaikan amanat dari Kapolri, utamanya untuk mengatisipasi setiap potensi ancaman terror yang ditengarai akan mengganggu perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. “Beberapa waktu belakangan ini masih terjadi beberapa ancaman terror di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini menjadi tantangan tugas tersendiri bagi petugas pengamanan untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik,” katanya.

“Selain itu momen Natal dan Tahun Baru juga dijadikan sarana masyarakat untuk berlibur. Hal ini tentu akan memicu mobilisasi massa yang dapat berdampak pada kelancaran arus lalu-lintas maupun kejadian kecelakaan lalu lintas,” lanjut AKBP Ridwan.

Berkaitan dengan pengamanan perayaan natal di Gereja, Kapolres Wonosobo menekankan kepada seluruh petugas pengamanan untuk tidak lengah dalam menjalankan tugas. “Tetap koordinasikan dengan pengurus gereja untuk ikut memonitor peserta perayaan. Jalin sinergitas yang baik antara petugas pengamanan. Semoga perayaan Natal dan Tahun Baru ini dapat berjalan aman,” terangnya.

Sementara itu, ditemui seusai apel gelar pasukan, Kasubbag Humas Polres Wonosobo AKP Agus Priyono, S.H. menuturkan pihaknya menerjunkan separuh dari jumlah anggota Polres Wonosobo. “Jumlahnya sekitar 300 personel. Nantinya akan kita tempatkan di seluruh gereja dan tempat peribadatan di seluruh Kabupaten Wonosobo,” katanya. “Selain itu, kami juga menempatkan personel di tempat wisata dan titik rawan. Untuk antisipasi lonjakan arus, kami mendirikan 4 Pos pengamanan yaitu di Pertigaan Kertek, Terminal Mendolo, Taman Plasa dan Terminal Sawangan,” terang AKP Agus.

Kasubbag Humas juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya. “Tidak usah melakukan sweeping. Jika mengetahui ada hal-hal yang dimungkinkan menimbulkan gangguan keamanan, laporkan saja ke Polisi. Kami pasti akan menindaklanjuti,” tutupnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password