Saber Pungli : Kerap Masukkan Uang Ke Dalam Kotak Kayu, Kedua Orang Ini Ditangkap Tim Saber Pungli Karangasem

Tribratanews.polri.go.id, Polda Bali, Polres Karangasem – Tim Satgas Saber Pungli Polres Karangasem pada Jumat, (03/3), pukul 07.00 wita, telah melakukan Operasi Tangkap Tangan ( OTT ) terhadap dua orang yang diduga melakukan Pungli di Pasar Amlapura, Karangasem.

Dalam Operasi Tangkap Tangan ( OTT ) ini petugas dari Polres Karangasem berhasil mengamankan seorang Petugas pembantu Dinas Perhubungan Kabupaten Karangasem bernama I GS, Laki -laki, 26 tahun yang sehari-hari berprofesi sebagai Tukang pungut retribusi parkir dan I PM, Laki-laki, 26 Tahun yang berprofesi sebagai pegawai Honorer di Dinas Perhubungan Kab. Karangasem.

I GS dan I PM, tertangkap basah saat sedang melakukan Pungli di Terminal Pasar Amlapura Barat, dengan modus memungut retribusi parkir kendaraan tanpa memberi karcis /bukti pembayaran kepada pengendara yang parkir di dalam Terminal Pasar Amlapura Barat.

Dari Pelaku, Petugas berhasil mengamankan Barang Bukti berupa : 1 Buah Kotak Kayu yang didalamnya berisi Uang tunai sebesar Rp. 82.000,- (Dengan rincian sebesar Rp. 54.000,- uang pungutan dengan karcis resmi dan sebesar Rp. 28.000,- pungutan tanpa karcis) dan 27 lembar Karcis retribusi parkir.

Penangkapan ini berawal dari laporan warga yang parkir di dalam Terminal Pasar Barat Amlapura bahwa pelaku kerap mengambil uang parkir tanpa memberi Karcis / bukti Pembayaran.

IMG-20170303-WA0031

Selanjutnya pada hari Jumat (3/3) mulai pukul 05.30 Satgas Saber Pungli Sat Intelkam Polres Karangasem melakukan Penyelidikan di Terminal Pasar Barat, Amlapura mengenai kebenaran laporan warga tentang dugaan Pungli oleh Petugas pungut retribusi parkir dimaksud. Ternyata laporan tersebut memang benar adanya, pada pukul 07.00 wita I GS dan I PM tertangkap basah oleh petugas Saber Pungli Sat Intelkam Polres Karangasem sedang melakukan pungutan retribusi parkir terhadap kendaraan tanpa memberikan karcis/bukti bayar.

Selanjutnya terhadap kedua orang terduga berikut Barang Bukti yang ditemukan langsung diamankan ke Polres Karangasem untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolres Karangasem AKBP SUGENG SUDARSO, SH, SIK, MM. Saat ditemui (3/3) di Polres Karangasem mengatakan bahwa pelaku dapat diancam dengan Perda Kab. Karangasem Nomor 22 tahun 2011 tentang Retribusi tempat khusus dan Perda Kab.Karangasem Nomor 8 tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Pasar.

Penulis : eka bay

Editor : Iqbal96

Publish : mas are

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password