Tim Saber Pungli Wonogiri Ungkap Dugaan Pungli Proyek Prona 2017

Tribratanews.polri.go.id – Wonogiri Jawa Tengah, Tim saber pungli Kabupaten Wonogiri, benar-benar menunjukkan taringnya. Setelah dilantik beberapa bulan lalu, tim ini langsung bertindak cepat dnegan mengungkap dugaan pungli di wilayah Kecamatan Tirtomoyo.

Hasilnya uang tunai senilai lebih dari setengah milyar rupiah berhasil diamankan dari para pengurus program Prona yang diduga melakukan pungli. Uang itu sendiri adalah sisa dari total pembuatan sertifikat dalam program Prona 2017. Yang mana ada total sekitar 861 pemohon, yang masing-masing dikenakan biaya Rp. 850.000,-. “Uang ini adalah sitaan dari pengurus program Prona di empat desa, yaitu Hargosari, Sukoharjo, Ngarjosari, dan Hargorejo. Di mana di Hargosari ada 200 pemohon, lalu Sukoharjo 358 pemohon, Ngarjosari 190 pemohon dan Hargorejo 113 pemohon. Sehingga bila ditotal mencapai Rp. 748.580.000,-, dengan asumsi tiap pemohon dikenakan biaya Rp. 850.000,-,” jelas ketua Tim Saber Pungli Wonogiri, Kompol Wawan Purwanto.

Meski jumlah totalnmya mencapai Rp. 748.580.000,-, namun sisa uang yang berhasil disita hanya sekitar Rp. 578.145.000,-. Hal itu dikarenakan sebagian dari uang tersebut sudah digunakan sebagai biaya operasional dalam program Prona. Dan Wawan mengaku tidak terlalu kesulitan untuk mengungkap kasus ini karena piohak pengurus Prona selama ini bisa bertindak kooperatif. Sehingga mereka bersedia merinci dan menunjukkan ke mana uang itu disimpan. Namun demikian, Wawan menjelaskan bahwa pihaknya belum mau terburu-buru untuk menentukan siapa tersangka dalam kasus ini. Sebab dia masih terus berupaya untuk melakukan penyelidikan lebih dalam. Sehingga tidak sampai terjadi salah sasaran.

“Kami masih terus melakukan pendalaman sebelum memutuskan status mereka yang selama ini terlibat. Sebab jangan sampai karena kurangnya data dan petunjuk, justru nanti ada masalah. Sehingga sejauh ini status pihak-pihak yang diduga terlibat masih berstatus saksi terlapor,” sambung Wawan.//(iwan tribratanews).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password