Operasi Simpatik 2017, Polres Sidrap Hanya Berikan Teguran

Tribratanews.polri.go.id – Sidrap Sulsel, Operasi Simpatik 2017 sudah dimulai sejak kemarin. Apel gelar pasukan pun telah dilaksanakan. Polisi hanya melakukan langkah preemtiv dan preventif dalam operasi yang digelar 1-21 Maret.

“Operasi simpatik ini merupakan program Polri di seluruh Indonesia yang dilaksanakan serentak. Ini merupakan kalender khusus seluruh kepolisian yang terpusat, bukan mandiri kewilayahan,” ujar Kapolres Sidrap AKBP M. Anggi Naulifar Siregar usai apel Operasi Simpatik 2017 di halaman Polres Sidrap, Rabu (1/3/2017). Pagi

Melihat nama operasinya yang simpatik, Anggi menegaskan bahwa operasi kali ini mengedepankan langkah preemtif dan preventif atau upaya pencegahan terhadap pelanggaran lalu lintas dan bukan tilang.

Operasi Simpatik ini, kata Anggi, sangat penting karena korban dari kecelakaan yang berujung meninggal dunia masih sangat banyak.

“Jumlah korbannya banyak, bahkan lebih banyak bila dibandingkan dengan misalnya korban bom. Ini adalah bentuk komitmen polisi menekan dan meminimalisir angka kecelakaan. Dan target kami adalah mengajak masyarakat untuk peduli dan meningkatkan daya cegahnya pada kecelakaan,” tandas Anggi

Selain menyampaikan penekanan pada upaya preemtiv dan preventif, Anggi juga meminta agar para anggota di lapangan juga bisa lebih ramah dan santun kepada pengguna jalan. Teguran hendaklah disampaikan dengan ramah tanpa menghilangkan esensi pencegahan akibat pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan.

“Tujuannya meningkatkan kepercayaan masyarakat. Anggota di lapangan juga harus bisa menjaga dirinya sendiri. Persiapkan segala perlengkapan yang ada,” kata Anggi.

Yang terjaring operasi simpatik ini nantinya akan diberi blanko putih. Di dalam blanko itu identitas pelanggar akan dicatat.

“Blanko itu bukan tilang. Kami akan memberi bimbingan tentang cara berlalu lintas yang benar. Kalau yang belum punya SIM, pasti akan terbantu dengan bimbingan kami,” ujar Anggi.

Anggi berharap Operasi Simpatik ini bisa lebih meminimalkan angka kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Sidrap.

“Dengan adanya operasi simpatik ini kami berharap angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan ” tutup Anggi (cl)

Admin Polri56606 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password