Safari Jumat Polda Kaltim: Kapolda Jadi Khatib, Ajak Jamaah Tidak Menggunjing

Tribratanews.polri.go.id, BALIKPAPAN,- Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin pada Safari Jumat hari ini (3/3/2017) menjadi khatib di Masjid Baitur Rahman Perum Balikpapan Regency, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur yang dihadiri sekitar 500 jamaah.

Dalam Safari Jumat  ini Kapolda Kaltim yang datang bersama para pejabat utama Polda Kaltim, yakni  Wakapolda Brigjen Pol Mulyana Hardjo, Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Darmawan, Kabid Humas Kombes Pol Ade Yaya Suryana,  Wadir Binmas, Wadir Lantas serta Kapolres Balikpapan.

Hujan tak begitu deras menjelang waktu salat Jumat tampak mengiringi kedatangan Kapolda dan jajarannya  dalam Safari Ramadhan ke Masjid yang letaknya sekitar 1 kilometer dari Mapolda Kaltim, Jl. Syarifuddin Yoes, Balikpapan. Dan seperti Safari Jumat  biasanya, Kapolda dalam ceramahnya tetap dengan pakaian dinas Polri dipadu kopiah hitam.

safari-polda-kaltim-jumat3317a3aDi hadapan para jamaah salat Jumat, Kapolda Kaltim membawakan tema ceramahnya seputar fenomena perkembangan teknologi informasi penggunaan media sosial (medsos) di masyarakat, khususnya penggunaan media sosial (medsos) yang justru dimanfaatkan untuk menggunjing, menghujat, menjelek-jelekkan orang lain.

“Sekarang ini hasil penelitian dari Infokom terdapat 106 juta masyarakat pengguna media sosial aktif, 95 persen bohong, saling menjelekkan, dan yang sekarang disebut hoax.  Padahal, kata Kapolda, seribu tahun lalu dalam Alquran dan Nabi Muhammad SAW sudah mengingatkan kepada kita agar tidak menggunjing, karena perbuatan ini menyebabkan rusaknya kehormatan seseorang,merusak hati dan ketentraman masyarakat, serta mengganggu keamanan dan ketertiban.

“Perbuatan menggunjing merupakan salah satu dosa besar, yang membinasakan dan merusak agama para pelakunya, baik sebagai pelaku, maupun orang yang ikut mendengarkannya, atau ikut melihat, bekomentar di media sosial. Karena orang yang mendengarkan, sama dosanya dengan yang menggunjing. Sebaiknya pergi atau mengalihkan pembicaraan lain,” katanya.

Kapolda selaku khatib Jumat mengatakan, dengan kecangihan teknologi dan media sosial banyak pula digunakan untuk mencela, baik dengan kata-kata, isyarat, maupun merekayasa gambar seseorang. Padahal mencela ciptaan Allah SWT, sama dengan mencela Penciptanya.

Usai menjadi khatib dan salat Jumat berjamaah, Kapolda Kaltim menyempatkan diri untuk berfoto bersama para pengurus Masjid Baiturrahman Perum Balikpapan Regency, Balikpapan Selatan, di depan halaman masjid.

Berikut ceramah lengkap Kapolda Kaltim ketika menjadi khatib Jumat.

Penulis: Humas Polda Kaltim

Editor: Iqbal96

Publis: Humas Polda Kaltim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password