Polres Tanbu: Operasi Simpatik, Menekan Cara Bertindak yang Humanis

operasi simpatikTribratanews.polri.go.id- Guna menekan terjadinya laka lantas dan pelanggaran lalu lintas, Polres Tanah Bumbu melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Simpatik Intan 2017, kemarin di halaman Polres Tanah Bumbu. Bertindak sebagai insfektur upacara adalah Kapolres Tanah Bumbu AKBP Kus Subiyantoro Sik.

Dalam pelaksanaan apel tersebut, kapolres melakukan cek kesiapan seluruh personil pasukan Operasi Simpatik Intan 2017 secara satu persatu dan dilanjutkan penyematan pita kepada masing-masing perwakilan peserta gelar pasukan.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Asisten III Mustaing, Wakapolres Tanah Bumbu Kompol Norhayat, Wakil ketua DPRD H Hasanuddin, Ketua PN Batulicin Wahyu Imam Santoso, Perwakilan Dandim 1022 Tanbu Pasi Ops Kapten Suherman, Dan Pos Lanal Batulicin Letda Laut Ismadi serta siswa SMU yang dibentuk dalam Polisi Keamanan Sekolah.

Kapolres mengatakan, tujuan digelarnya Ops Simpatik Intan 2017 adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang-Undang No 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Kemudian terciptanya perubahan mindset berlalu lintas menjadi tertib (revolusi mental), dan terciptanya Kamseltibcarlantas untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan lalu lintas di wilayah hukum Polres Tanah Bumbu.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Tanah Bumbu AKP Indra Putra SIK menambahkan Operasi Simpatik Intan 2017 digelar selama 21 hari, mulai 1-21 Maret 2017.

“Sasaran operasi adalah pengendara roda dua, roda empat atau lebih, dan angkutan umum serta barang,” jelasnya.

Sesuai dengan sandinya, ujar kasat operasi simpatik lebih menekankan cara bertindak yang humanis dan bersifat preemtif serta preventif. Akan tetapi setiap pelanggar juga akan ditilang.

“Sifatnya lebih kepada teguran dan imbauan. Tetapi kalau pelanggarannya sudah membahayakan keselamatan, tentu akan ditilang. Tetapi tentunya dengan mengedepankan upaya simpatik senyum, sapa dan salam,” jelasnya.

Sasaran operasi seperti pelanggaran tidak mengenakan helm dan sabuk pengaman serta menaikkan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya.

penulis   : anang

editor     : iqbal96

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password