5 Pelaku Spesialis Pencurian Mesin Diesel, Berhasil di Bekuk Polisi Sukoharjo

80875759-5401-4fd6-80ec-3753c78c6621 (1)

Tribratanews.polri.go.id, Sukoharjo – Kepolisian Resor Sukoharjo Polda Jawa Tengah merilis tersangka pencurian dengan pemberatan di Mapolres Sukoharjo, Kamis (02/03/2017). kelima tersangka pencurian merupakan spesialis pencuri mesin diesel traktor yang ditingal pergi oleh pemiliknya di persawahan.

Menindak lanjuti adanya laporan bahwa di Kecamatan Bulu dan Tawangsari telah terjadi pencurian mesin diesel traktor. Sat Reskrim Polres Sukoharjo melakukan pemeriksaan kepada saksi saksi dan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Pada Rabu (22/02/2017) salah satu pelaku yang berinisial BG (33) warga Dukuh Temulus, Desa Pondok, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, berhasil diringkus di Terminal Prambanan Yogyakarta.

Dari pemeriksaan yang dilakukan kepada BG, Sat Reskrim Polres Sukoharjo berhasil menangkap empat pelaku lainya. Yang diantaranya SW (51) warga Dukuh Plumbon, Desa Bangun Tapan, Kecamatan Bangun Tapan, Kabupaten Bantul, SR (38) warga Dukuh Sembur, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, BS (36) dan MT (31) keduanya warga Dukuh temulus, Desa Pondok, Kecamatan Grogol, Sukoharjo. Dari keseluruhan pelaku yang berhasil diringkus lima pelaku, kesemunya ini merupakan spesialis pencurian mesin diesel traktor.

“Mereka merupakan komplotan pencurian spesialis mesin diesel traktor yang ditinggal oleh pemiliknya di persawahan,” ucap Kapolres Sukoharjo Ruminio Ardano S.IK.

Mereka dalam menjalankan aksinya melakukan survei terlebih dahulu, dengan menargetkan sasaran mesin mesin traktor yang siang harinya digunakan untuk membajak di sawah dan malam harinya ditinggalkan oleh pemiliknya di sawah. Dari keseluruhan ada 18 TKP yang sudah mereka lakukan, 5 di kabupaten Sukoharjo dan yang lainya di kabupaten Klaten, Gunug kidul dan Magelang.

“Saya berpesan kepada masyarakat Sukoharjo khusunya, untuk para petani yang bekerja menggunakan mesin traktor agar mesin traktornya jangan ditinggalnkan di sawah pada malam hari, untuk meminimalisir terjadinya pencurian mesin traktor,” tambah AKBP Arndani Ruminio S.IK.

Dari tangan para pelaku berhasil mengamankan barang bukti berupa 4 unit mesin Diesel, 1 Unit kendaraan bermotor dan beberapa peralatan berupa kunci yang digunakan untuk melepas mesin diesel dari traktor. Mereka di kenai pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Penulis: @polisisukoharjo

Editor: Kang Iqbal96,

 Publish: @polisisukoharjo.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password