Jaga Solo Tetap Damai : Polri Memediasi 2 Perguruan Pencak Silat yang Berkonflik di Laweyan Surakarta

IMG-20170303-WA0008
Tribratanews.polri.go.id.Polresta Surakarta. Kepekaan dan ketanggapsegeraan ditunjukkan oleh Polsek Laweyan dalam mendeteksi, mencegah, dan mencarikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi dalam masyarakat sehingga potensi konflik sosial dapat diredam dan diselesaikan sehingga Solo tetap damai, aman dan nyaman.
Seperti terlihat pada kegiatan mediasi penyelesaian masalah perselisihan 2 perguruan pencak silat yaitu antara Perguruan Silat Satria Yudha dengan Perguruan Silat Pagar Nusa yang berlangsung pada hari Kamis (02/03/017) pukul 11.00 sd 12.30 WIB bertempat di ruang Unit Intelkam Polsek Laweyan Surakarta Jateng.
Awal mula perselisihan itu terjadi pada tanggal 20 Januari 2017 yang pada saat itu Perguruan Silat Satria Yudha bermaksud mengadakan latihan di SD N Mangkuyudan, Kel. Purwosari, Kec. Laweyan, Surakarta. Rupanya saat itu pula di waktu dan tempat yang sama juga dilakukan latihan oleh Perguruan Silat Pagar Nusa. Kesamaan jadwal waktu dan tempat latihan, serta dibumbui fakta bahwa Ketua, Penasehat, dan Pelatih Perguruan Silat Satria Yudha merupakan mantan pelatih dari Perguruan Silat Pagar Nusa inilah yang akhirnya memicu perselisihan diantara keduanya.

Bhabinkamtibmas Kel. Purwosari Aiptu Sapuwan yang mendengar informasi perselisihan tersebut kemudian melakukan cross check kepada kedua belah pihak dan hasilnya diketahui bahwa mereka membenarkan kejadian tersebut. Mensikapi hal itu, Aiptu Sapuwan terus melakukan pendekatan dan komunikasi dengan kedua belah pihak dalam upaya meredam perselisihan. Disamping itu, juga melakukan koordinasi dengan Unit Intelkam dan melaporkannya kepada Kapolsek Laweyan. Dari sinilah kemudian Polsek Laweyan berinisiatif mengundang kedua belah pihak yang berselisih untuk dilakukan mediasi di Polsek Laweyan Surakarta.
Kapolsek Laweyan Kompol Saprodin merasa perlu untuk turun tangan memimpin langsung proses mediasi (problem solving) kali ini dengan pertimbangan bahwa kedua belah pihak yang berselisih ini masing-masing memiliki pengikut massa yang cukup banyak, dan berpotensi menjadi konflik sosial yang serius. Bersama Kanit Intelkam, Kanit Reskrim, dan Bhabinkamtibmas Kel. Purwosari, proses mediasi ini dilaksanakan dan dihadiri oleh kedua belah pihak yang berselisih, antara lain :
1. Burhannudin Hillal, SE.
Ketua Perguruan Silat Pagar Nusa Surakarta.
2. Nurul Huda.
Ketua Perguruan Silat Satria Yudha.
3. Anjar Widoyo.
Penasehat Perguruan Silat Satria Yudha.
4. Amien Firmansyah.
Pelatih Perguruan Silat Satria Yudha.
Dalam suasana mediasi yang santai dan penuh keakraban ini Kapolsek Laweyan mengajak kepada kedua belah pihak untuk lebih mengedepankan komunikasi dan koordinasi agar setelah ini silaturahmi bisa tetap terjaga dengan baik. Setelah mendapat arahan dan pembinaan dari Kapolsek, kedua kelompok perguran silat tersebut bersepakat bahwa Perguruan Silat Pagar Nusa tidak lagi menggunakan SD N Mangkuyudan sebagai tempat latihan (hari Jumat 03/03/2017 adalah latihan terakhir) dan setelah itu akan mencari tempat latihan lain. Maka dengan kesepakatan tersebut permasalahan / perselisihan antara Perguruan Silat Satria Yudha dengan Perguruan Silat Pagar Nusa selesai dengan damai. Namun demikian, Polsek Laweyan juga akan terus memonitor pelaksanaan dari kesepakatan tersebut.
Kapolsek Laweyan menuturkan, “Kegiatan mediasi kali ini adalah implementasi dari salah satu peran Polri, yaitu sebagai problem solver terhadap berbagai permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Perselisihan, sengketa, dan permasalahan lain yang terjadi apabila tidak disikapi dengan baik oleh petugas Polri, maka akan menimbulkan potensi konflik. Untuk itu saya selalu menekankan kepada anggota saya untuk terus meningkatkan kepekaan, ketanggapsegeraan dan kemampuan memediasi dalam upaya memecahkan dan memberi solusi terhadap permasalahan yang terjadi.”
Penulis : Sumarjo
Editor : Kang Iqbal96
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password