NATAL DAN TAHUN BARU 2017 DI JATENG : Kapolda Apelkan Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Jateng di Klaten

Polda Jateng, Klaten – Tidak kurang dari 1200 Bhabinkamtibmas jajaran Polda Jateng mengikuti Apel Bhabinkamtibmas dalam rangka deteksi dini masalah intoleransi dan ancaman teror di Gedung Wongso Menggolo convention Hall, Ceper, Klaten, Kamis (22/12/2016).

Apel Akbar tersebut dihadiri langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kirono, Waka BIK (Badan Intelijen Keamanan) Baharkam Polri Irjen Pol Drs. Setyo Wasisto, Para pejabat utama Polda Jateng dan Kapolres jajaran eks. Karesidenan Surakarta.

Selain itu apel yang diikuti seluruh Polres di jajaran Polda Jawa tengah itu juga sebagai langkah antisipasi situasi kamtibmas Polda Jateng  menjelang Natal 2016 dan tahun baru 2017.

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kironoselaku pengambil apel memberikan penekanan terhadap  para Bhabinkamtibmas, untuk lebih membaur di tengah masyarakat, “Saya ingin para Bhabinkamtibmas ini sumeh (murah senyum) pada masyarakat”, perintahnya.

Menurutnya Bhabainkamtibmas tidak hanya selaku Pembina masyarakat di tingkat Desa, namun juga sebagai penyaring informasi dini yang ada di masyarakat.

“Jangan ragu-ragu dalam menyerap informasi dari masyarakat, Bhabinkamtibmas adalah pendeteksi informasi awal di masyarakat, anda adalah kepala desa di wilayah binaan anda, sehingga sewajarnya Polri mendekat dan berbaur terhadap masyarakat” tegas Kapolda Jateng.

Sementara Waka BIK Baharkam Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto, memberikan pembekalan lebih mendalam tentang deteksi dini, Ia meminta agar para Bhabinkamtibmas jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil di masyarakat.

“Jangan sepelekan hal kecil, dari pengalaman, kita pernah mengungkap pelaku perampokan dan residivis hanya karena melihat tamu yang tidak dikenal di suatu kampung di Jakarta, dan itu saya alami sendiri”, ungkap Irjen Pol Setyo.

Lebih jauh, Ia mengingatkan agar para Bhabinkamtibmas meningkatkan kepekaan serta kewaspadaan. Menurutnya, saat ini Polisi masih menjadi sasaran dari kelompok radikal tertentu yang ingin mengganggu keamanan di Indonesia.

Selain sebagai penyaring deteksi dini, Bhabinkamtibmas diharapkan juga mampu melakukan deteksi aksi, yaitu langkah lanjutan saat mengetahui adanya suatu aksi yang dianggap mampu menjadi ancaman keamanan.

“Kita harus memahami betapa kompleksnya tugas kita, Bhabinkamtibmas diharapkan sebagai pioneer dalam mengawal Natal dan pergantian tahun Baru 2017 dapat berjalan dengan aman”

Dalam acara yang sama pula, Kapolda Jateng memberikan apresiasi berupa penghargaan terhadap Bhabinkamtibmas Polda Jateng yang berprestasi. Dengan adanya apel ini, diharapkan dapat meningkatkan professional dan kesadaran Bhabinkamtibmas akan tugas yang diembannya, sehingga agenda tahunan masyarakat di penghujung tahun 2016 ini dapat terlaksana dengan lancar dan aman.

 

Penulis : Humas polda Jateng

editor : Erq

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password