Kreatif : Cara Unik Polisi Satu ini Agar Warganya Lulus Ujian SIM

a625efd0-0522-4683-aeee-48fc97c1b46d

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Memiliki SIM adalah salah satu persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin berkendara. Untuk mendapatkannya masyarakat harus melalui serangkaian ujian kesehatan, tes tulis dan praktek. Jika tak lulus harus mengulang hingga beberapa kali.

Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Heru Sudjio, SH menuturkan, ujian SIM bukan dipersulit, semua sesuai prosedur baku yang berlaku.

“Bukan dipersulit, tapi memang harus memahami tentang aturan berlalu lintas, rambu-rambu lalu lintas dan mahir berkendara dengan safety”, jelas orang nomor sembilan di Polres Trenggalek ini.

Adalah Bripka Devit Dwi Hendri Setiawan, seorang Bhabinkamtibmas jajaran Polres Trenggalek yang menangkap kegelisahan dari sebagian warga Desa Karangsoko, desa binaannya yang merasa kesulitan menghadapi ujian SIM.

“Selama ini mereka ikut ujian SIM apa adanya saja, tidak ada pembekalan atau wawasan kelalulintasan sama sekali”, ujar Bripka Devit.

Untuk itulah Bripka Devit bersama Serda Agus Ubaidillah, Babinsa desa setempat mencoba memberikan pelatihan menghadapi ujian SIM. Bripka Devit pun membuat kisi-kisi materi dan pengetahuan tentang kelalulintasan. Sedangkan praktek berkendara ia memanfaatkan di jalan beraspal yang berada di kawasan Desa Karangsoko. Dalam ujian SIM yang sesungguhnya, biasanya petugas penguji menggunakan traffict cone atau balok kayu yang sudah dibentuk sedemikian rupa. Namun karena keterbatasan, Bripka Devit pun memanfaatkan batu bata yang banyak dimiliki warga.

Memanfaatkan batu bata sebagai media uji pratek SIM, Bripka Devit dan Babinsa setempat tampak telaten memberikan pelatihan kepada warganya
Memanfaatkan batu bata sebagai media uji pratek SIM, Bripka Devit dan Babinsa setempat tampak telaten memberikan pelatihan kepada warganya

Bripka Devit sama sekali tak menyangka jika apa yang dilakukannya mendapatkan respon positif masyarakat. Warga yang mengetahui Bhabinkamtibmas dan Babinsa menggelar try out ujian SIM (begitu Bripka Devit menyebutnya) berbondong-bondong menuju lokasi tersebut.

“Awalnya tadi cuman 10 orang, terus sekarang sudah 40 orang”, ucap Polisi yang pernah berdinas di Satsabhara Polres Trenggalek ini.

Bripka Devit menuturkan, sebelum latihan praktek, ia memberikan teori lalu lintas terlebih dahulu. Ia juga memberikan trik berkendara yang baik dan benar serta bagaimana melewati rintangan ujian SIM, baru kemudian satu persatu berlatih ujian praktek dengan melewati batu bata yang telah ditata sedemikian rupa.

“Ya Alhamdulillah, masyarakat cukup senang dengan try out ini, setidaknya bisa digunakan sebagai bekal mereka saat menghadapi ujian SIM”, terang Bripka Devit yang juga anggota Satbinmas Polres Trenggalek ini.

Kedepannya Bripka Devit akan menggelar try out secara periodik bergantian dari satu dusun ke dusun yang lain.

Penulis : Ady

Editor : Iqbal96

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password