Polisi Sosialisasi Perubahan TNKB Berlaku Bulan Maret 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polres Way Kanan, Kepolisian Resor Way Kanan melaksanakan sosialisasi  perubahan tanda nomor kendaraan bermotor  (disingkat TNKB) atau sering disebut pelat nomor atau nomor polisi di kantor samsat polres way kanan mulai berjalan pada tanggal 01 Maret 2017.

Kepala kepolisian resor way kanan AKBP Yudy Chandra Erlianto, S.Ik, M.H mengatakan, melalui Kasat lantas Akp Suhardo, S.H semua instansi kabupaten dan kota di provinsi Lampung telah menetapkan perubahan berdasarakan surat keputusan kapolda lampung Nomor : Kep / 64 / I / 2017 tentang registrasi penomoran kendaraan bermotor (NRKB) .

WhatsApp Image 2017-03-02 at 14.53.10 (2)

Dengan kode baru ini, bukan berarti seluruh pemilik kendaraan wajib menggantinya pada bulan Maret saat ini. Proses penggantian akan berjalan bertahap sesuai dengan masa tiba membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) setiap tahun. Penggantian ini tidak hanya plat nomor kendaraan yang akan berganti, tetapi juga surat tanda nomor kendaraan (STNK), tanda nomor kendaraan bermotor  dan bukti pemilik kendaraan bermotor (BPKB).

Akp Suhardo yakin bahwa penggantian ini tidak akan terlalu menjadi beban baru bagi masyarakat dan sosialisasi untuk warga tentang proses penggantian akan terus dilakukan mulai dari memasang banner serta pembagian brosur kepada masyarakat.

WhatsApp Image 2017-02-28 at 12.40.28

“Jika ada masyarakat yang masih belum mengerti mau mengganti nomor plat dan surat-surat kendaraan bermotornya bisa lansung dilayani dikantor samsat polres way kanan yang berada di belakang kantor dinas pemerintah kabupaten way kanan. Saya kira itu akan lebih mudah jika berhadapan lansung,” kata dia.

Kita memang diwajibkan memasang plat nomor polisi. Hal ini dilakukan untuk memudahkan segala sesuatu yang berurusan dengan kendaraan. Sebagai pemilik mobil dan pengendara, kita pun mendapatkan beberapa keuntungan seperti memudahkan dalam mengenal dan mengidentifikasi mobil dari huruf awal dapat menginformasikan kita mengenali jenis kendaraan apa.” Ungkapnya

 Penulis : Adi Pranoto.w

Editor   : Iqbal96

Publish : Oto Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password