Rekrutmen Polri 2017 di Papua: Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan SIP Sumber Sarjana

WhatsApp Image 2017-03-02 at 14.17.43

tribratanews.polri.go.id – Polda Papua. Bertempat di ruang rupatama polda papua dilaksanakan kegiatan Penandatanganan Pakta Integritas penerimaan sekolah inspektur polisi sumber sarjana (SIPSS) T.A. 2017. Kamis, 02/03/2017.

kapolda Papua Irjend Pol Drs. Paulus Waterpauw yang didampingi oleh Irwasda Kombes Pol Bambang Suharno, dan Karo SDM Kombespol Ida Bagus Kadek Putra Narendra, SIk, msi,.
Kegiatan ini menghadirkan pengawas eksternal dari Komnas HAM, Majelis Rakyat Papua(MRP) provinsi papua, para calon peserta, serta orang tua wali dari calon peserta SIPSS.

Kapolda Papua dalam sambutannya mengatakan penerimaan anggota polri dalam beberapa tahun belakangan ini polri terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia polri yang dimulai dari rekrutmen anggota polri yang profesional sehingga dari proses yang semakin baik diharapkan melahirkan personil polri yang berkopenten dibidang tugasnya, untuk mewujudkan semua itu, polri melakukan substansi dan kultur yang diwujudkan dlm akselerasi transformasi ditubuh polri.

Prinsip dasar penerimaan yaitu BETAH, BOTAK, DAN , ANTI K3N,  BETAH yang merupakan kepanjangan dari bersih, transparan, akuntabel dan humanis, BOTAK bersih obyektif transparan akuntabel dan kualitas baik, sedangkan Anti K3N yaitu anti korupsi, kolusi, konspirasi, dan nepotisme. Melalui prinsip tersebut telah dicanangkan oleh presiden yaitu clear and clean akan dapat tercapai dengan menerapkan standar bersih dan bebas dari semua masalah serta zero K3N.

Pakta integritas merupakan pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen pelaksanaan tugas fungsi dan tanggung jawab wewenang dan peran sesuai peraturan perundang undangan, integritas merupakan mutu sifat atau keadaan yang menunjukkan kesetiaan yg utuh sehingga memiliki potensi dan kewibawaan dan kejujuran, pakta integritas merupakan janji bersama atau komitmen sebagai kesanggupan utk patuh terhadap ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut kata Kapolda Tujuan dilaksanakannya penandatanganan pakta itegritas ini adalah untuk memperkuat komitmen bersama dalam menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta mempelancar tugas yang berkualitas efektif dan akuntabel dan termasuk untuk mewujudkan pribadi yang bertanggung jawab dan bermartabat, penerapan standar yang bersih dimaksudkan penerimaan anggota polri tidak ada celah sama sekali  bagi panitia maupun calon untk melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme sedangkan transparan adalah agar dalam melaksanakan seleksi secara terbuka dengan membuka diri dengan pengawas eksternal dan internal. Akuntabel adalah seluruh pelaksanaan hasil rekrutmen serta seleksi dapat dipertanggung jawabkan secara vertikal horizontal dan humanis dimaksudkan memperlakukan peserta calon anggota polri yang perlu dilayani dengan baik dan simpatik.

baca :  Karo SDM beri arahan melalui vidcon

Pada kesempatan itu juga Kapolda menekanan kepada seluruh yang terlibat dalam Penerimaan SIP Sumber Sarjana untuk Kuatkan komitmen polri untuk melahirkan personel polri yang berkarakter dan memiliki jiwa kepemimpinan dan integritas, melaksanakan proses rekrutmen personel polri dengan tetap berlandaskan prinsip betah, botak, dan anti k3N  sehingga target clear and clean bisa terwujud dan kita mendapatkan calon yang berkualitas, kepada seluruh panitia agar  melaksanakan tugasnya sesuai aturan, Kepada para calon dan orang tua untuk berkompetisi secara sehat dan jangan mempercayai siapapun yang menjanjikan kelulusan dengan atau tanpa imbalan apapun, kepada pengawas eksternal agar benar benar mengawasi dalam proses ini sehingga rekrutmen berjalan dengan baik sesuai dengan harapan.

Sebelum mengakhiri amanatnya Kapolda mengajak untuk mewujudkan polri yang lebih profesional dan amanah, berbagai pengalaman berbangsa dan bernegara selama ini, kami membuka diri menampung aspirasi dan pandangan dari semua elemen masyarakat untuk mendudukkan polri menjadi intitusi yang profesional, pelindung dan pengayom bagi segenap warga negara,tutup Kapolda.

Penulis : Sosra WTD
Editor   : Iqbal96
Publish :Rei

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password