Polisi Gelar Operasi Simpatik di Wilayah Jabodetabek

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya, Kamis (02/03/2017) pukul 11.00 wib

Untuk mengurangi pelanggaran yang ada di jalan, polisi akan menggelar Operasi Simpatik Jaya 2017, yang dimulai pada 1 Maret besok. Kegiatan yang akan berjalan selama tiga minggu ini digelar untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas serta meminimalkan kecelakaan lalu lintas dan tindak pidana kejahatan pencurian kendaraan bermotor.
“Tujuan operasi ini, pertama, demi terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar dengan indikator menurunnya jumlah kecelakaan lalu lintas, baik kualitas maupun kuantitas,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono melalui keterangan tertulis, Selasa (28/2/2017).
Ia menambahkan tujuan lain Operasi Simpatik ini adalah meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Kemudian yang ketiga, agar terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan membangun opini melalui penegakan hukum lalu lintas secara proporsional dan profesional.
Polisi akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif. Kepolisian dan petugas lainnya seperti Dishub dan polisi militer akan melakukan penertiban kondisi di jalan dan penegakan hukum (gakkum) terhadap pengguna jalan yang melanggar.
“Sasaran operasi lainnya ialah pengembalian fungsi trotoar dari ojek dan PKL, penertiban parkir di jalan berdasarkan rambu yang terpasang, kanalisasi sepeda motor di lajur kiri, dan sterilisasi jalur busway,” ujar Argo. “Selain itu, penindakan sepeda motor melawan arus, kendaraan yang melanggar yellow box atau garis setop, penggunaan rotator atau sirene pada kendaraan pribadi dan kendaraan yang menggunakan pelat nomor tidak sesuai spesifikasi teknis,” sambungnya.
Dalam operasi ini, selain kegiatan gakkum, akan ada kegiatan seperti kampanye keselamatan berkendara, kegiatan kemanusiaan, dan pelayanan lain di bidang lalu lintas. Argo mengatakan, dalam operasi ini, ada 2.000 personel kepolisian yang dikerahkan.”Ada satgasda sebanyak 950 personel dan satgasres sebanyak 1.050 personel. Sehingga total ada 2.000 personel,” tutur Argo.

Penulis : Devianti

Editor : Iqbal96

Publish : Devianti

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password