Pelanggar Hanya Diberikan Teguran Pada Hari Pertama Operasi Simpatik

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya, Kamis (02/03/2017) pukul 09.12 wib

Tepat hari ini, Operasi Simpatik sudah memasuki hari kedua. Hari pertama operasi pada Rabu (1/2) kemarin, para pelanggar lalu lintas hanya diberikan teguran saja oleh anggota polisi lalu lintas.
“Untuk pelanggaran di lokasi TO (Target Operasi), kita berikan teguran,” ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto kepada detikcom, Kamis (2/2/2017).
Budiyanto menyatakan, operasi ini lebih mengedepankan tindakan persuasif edukatif. Dalam operasi ini, polisi ingin meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.
Ia menambahkan, meski operasi ini menekankan kegiatan preentif dan preventif, namun tidak mengesampingkan penegakan hukum. Pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menimbulkan fatalitas kecelakaan, tetap akan ditindak dengan diberikan tilang.
“Yang perlu kita pahami bahwa Gakkum ada yang bersifat yustifial dan non yusticial (tilang dan teguran), karena operasi sekarang adalah operasi ini penekanannya pada teguran baik lisan maupun tertulis,” jelasnya.
Operasi ini digelar mulai Rabu (1/3) lalu sampai tanggal 21 Maret 2017 nanti. Dalam operasi ini, polisi mengedepankan cara bertindak dengan patroli, bukan dengan razia stasioner.
Operasi ini dilakukan untuk membangun citra positif Polri melalui kegiatan-kegiatan kemitraan, sosialisasi, edukasi, giat kemanusiaan, kampanye keselamatan. “Dengan tujuan supaya dalam menciptakan kamseltibcar lantas mendapat suatu dukungan dan legitimasi dari semua pemangku kepentingan,” tandasnya. Dari adanya kegiatan operasi simpatik ini diharapkan kepada semua pengguna jalan, agar bisa lebih mematuhi peraturan berlalu lintas yang ada di jalan.

Penulis : Devianti

Editor : Iqbal96

Publish : Devianti

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password