Antisipasi Unjuk Rasa, Polsek Purbalingga Datangi Pasar Ikan

 

IMG-20170301-WA0132Tribratanews.polri.go.id – Polres Purbalingga, Terkait adanya informasi unjuk rasa yang akan dilakukan oleh para pedagang ikan di Perikanan Purbalingga, anggota Polsek Purbalingga, Jawa Tengah langsung mendatangi lokasi, Rabu (1/3/2017).

Personel polsek yang dipimpin oleh Wakapolsek Ipda Sumardi melakukan cek kebenaran informasi serta antisipasi terjadinya unjuk rasa tersebut. Setelah diadakan pengecekan ternyata tidak ada rencana aksi unjuk rasa, hanya berkumpul membahas kesalahanpahaman terkait harga jual ikan.

Kapolsek Purbalingga AKP Riyatnadi menyampaikan berdasarkan informasi warga adanya pedagang di pasar ikan yang akan melaksanakan unjuk rasa, kita terjunkan sepuluh personel ke lokasi. Di lokasi tidak ditemukan adanya aksi unjuk rasa.

Diperoleh informasi bahwa adanya sedikit kesalahanpahaman antara pedagang ikan asal Purbalingga dengan pedagang ikan asal Banjarnegara. Hal tersebut akibat adanya perbedaan harga jual ikan antar pedagang tersebut.

“Ada dugaan pedagang ikan dari Banjarnegara menjual ikannya langsung ke konsumen dengan harga dibawah harga jual standar di pasar ikan Purbalingga. Hal tersebut membuat penjual ikan dari Purbalingga merasa sepi pembeli dan omset penjualan menurun,” ucap kapolsek.

Terkait hal tersebut sudah dilakukan himbauan oleh petugas dari polsek untuk saling menahan diri sehingga tidak menimbulkan gangguan keamanan. Apapun permasalahan yang ada, agar diselesaikan secara musyawarah dengan duduk bersama mencari solusi.

Sementara itu, menurut Mistam Ketua Paguyuban Pedagang Ikan Pirbalingga sebenarnya dari paguyuban selalu membuka pintu lebar-lebar untuk pedagang ikan dari luar, sehingga suasana jual beli di pasar ikan menjadi ramai. Namun adanya persaingan harga membuat ada perbedaan pandangan dan kesalahpahaman.

Untuk itu, Mistam berharap antara pedagang ikan dari Banjarnegara dan Purbalingga kedepan bisa duduk bersama guna menyamakan persepsi. Hal ini untuk bersama memajukan perdagangan bidang perikanan di Purbalingga dan menghindari perselisihan.

(Humas Polres Purbalingga)

Penulis : J. Purwantoro

Editor : Iqbal96

Publish : J. Purwantoro

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password