Kesenian Tong Tong Thek Sambut Kedatangan Kapolda Jateng di Polres Kendal

IMG-20170301-WA0104

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kendal, Kunjungan kerja Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kirono, MH, M.Hum di Polres Kendal, Rabu (1/3/2017) disambut dengan peragaan kesenian budaya Tong Tong Thek yang diperagakan oleh grup Sido Laras dari Desa Purwogondo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Kesenian Tong Tong Thek ini menampilkan peragaan musik tradisional dengan menggunakan alat berupa kentongan, thek-thek dan juga alat yang terbuat dari kayu lainnya. Pemainnya pun juga menggunakan pakaian tradisional masyarakat jawa dengan menyuarakan tanda-tanda kentongan yang biasa digunakan pada saat ronda malam atau siskamling yang dikemas dalam sebuah kreasi irama musik.

Kapolda Jateng yang melihat peragaan Tong Tong Thek tersebut sangat mengapresiasi dan mengatakan kalau kesenian budaya semacam ini harus dilestarikan. Kapolda pun mendapat cindera mata dari Grup Sido Laras yang berupa sebuah alat musik thek-thek.

Sementara itu Kapolres Kendal AKBP Maulana Hamdan, SIK melalui Kasat Binmas AKP Suratno mengatakan adanya Tong Tong Thek ini tidak terlepas dari kegiatan siskamling yang bertujuan untuk menjaga keamanan lingkungan dari tindak kejahatan dan gangguan keamanan warga desa yang mendapat pembinaan secara langsung dari Satuan Binmas Polres Kendal dan Unit Binmas yang ada di Polsek jajaran.

“Adanya Tong Tong Thek berawal dari kegiatan ronda malam yang kemudian dikreasikan dalam sebuah peragaan alunan musik tradisional”, kata Kasat Binmas.

Penulis : Bagus Prakoso

Editor : Iqbal96

Publish : Bagus Prakoso

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password