Operasi Lilin Candi 2016 di Kota Tegal, 514 Personel Gabungan Siap Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru

Polda Jateng – Kepolisian Resor Tegal Kota mengerahkan ratusan personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru melalui Operasi Lilin Candi 2016 yang digelar selama 10 hari, mulai Jumat, 23 Desember 2016 sampai 7 Januari 2017.

Operasi ini juga didukung oleh unsur TNI dan personel gabungan dari berbagai instansi. Sebanyak 166 personel Polres dan 154 personel lainnya merupakan aparat gabungan dari  TNI, Pemerintah Kota, Mitra Polri serta 194 personel cadangan yang setiap saat digerakan.

“Pengamanan akan lebih difokuskan pada area tertentu, terutama lokasi Gereja di wilayah Kota Tegal yang merayakan Hari Raya Natal,” ungkap Kapolres Tegal Kota AKBP Firman Darmansyah, usai Apel Gelar Pasukan Operasi  Lilin Candi 2016 di Mapolres, Kamis (22/12/2016).

Menurutnya para personel akan ditempatkan di 1 pos terpadu yang berada di jalan Dr Soetomo serta 2 pos pelayanan dan 7 pos pengamanan seperti tempat-tempat ibadah, obyek wisata, jalur lalu lintas orang dan barang, serta lokasi yang menjadi pilihan masyarakat dalam merayakan pergantian tahun.

Pihaknya juga akan menerjunkan anjing satwa dari Unit K-9 melaksanakan sterilisasi dan penyisisiran di gereja dan lokasi peribadatan. Di setiap Gereja yang melaksanakan kegiatan kebaktian, akan dijaga 3 (tiga) personil Polri dibawah kendali Kapolsek dan perwira pengendali.

Nantinya kita libatkan juga pengurus gereja bersama memantau setiap jemaat maupun barang bawaan para jemaat. Jadi siapa kira-kira jemaat yang tidak dikenal, makanya sama-sama kita saling berkoordinasi,” tegasnya.

Sebelumnya dalam apel, Kapolres membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol. M Tito Karnavian. Apel diikuti oleh unsur TNI/Polri, Pemkot Tegal dan Dinas terkait serta potensi masyarakat lainnya dan dihadiri Forkopimda, Tokoh ulama dan lintas agama.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password