Kepolisian Mendata Perlengkapan Senjata Pengawal Raja Arab

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya Rabu (01/03/2017) Pendataan senjata pengawal kepala negara asing ini merupakan prosedur standar keamanan. Pihak Kepolisian akan mendata perlengkapan senjata yang dibawa oleh para pengawal Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud . Wakil Kepala Polda Metro Jaya, Brigadir Jendral Suntana mengatakan bahwa pendataan perlengkapan senjata akan dilakukan dua kali saat kedatangan dan kepulangan.

“Pada saat datang dan saat pulang itu (senjata) didata,” kata Wakil Kepala Polda Metro Jaya.

Pengawal kepala negara asing tidak bisa sembarangan membawa senjata. Jumlahnya harus dinegosiasikan dengan petugas keamanan di Indonesia. Hasil negosiasinya nanti akan dicocokkan dengan perhitungan saat kedatangan dan kepulangan rombongan. Raja Salman tiba di Indonesia hari ini setelah melakukan lawatan kenegaraan di Malaysia. Ini merupakan kunjungan kedua keluarga kerajaan Arab Saudi ke Indonesia setelah tahun 1970.

Rombongan Raja Salman sebanyak 1.300 orang. Dia juga membawa serta 25 pangeran, 10 menteri dengan menggunakan tujuh pesawat Boeing serta satu buah pesawat Hercules.

Dalam rombongan, Raja Salman akan dikawal ketat oleh pengawal kerajaan yang disebut Resimen Penjaga Keluarga Kerajaan Arab Saudi. Pengawal kerajaan ini merupakan pasukan elite yang diambil dari Angkatan Darat Arab Saudi. Di Indonesia, Polri sudah menyiagakan pasukan di titik-titik yang dilalui rombongan Raja Salman yakni Bandara Halim Perdanakusuma, Istana Bogor, Masjid Istiqlal dan Hotel tempat rombongan kerajaan menginap.

Penulis : Cindy

Editor   : Iqbal96

Publish : Fitri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password