Operasi Simpatik Intan 2017 di Kalsel : Kaget Melihat Kerumunan Polisi, Banyak Warga Berbalik Arah

tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan, Hari pertama dalam operasi kepolisian terpusat Simpatik Intan 2017 pada hari Rabu (1/3), Personil yang dipimpin oleh Kasat Lantas Akp R. Sudarto, S.H melaksanakan kegiatan pemeriksaan di depan Pos Lantas Paringin dengan mengedepankan Himbauan kepada pengendara.

Tidak sedikit warga yang berputar arah karena merasa salah, tidak lengkap adminitrasi kendaraannya. Kegiatan himbauan yang berlangsung Hampir 1 jam tersebut banyak menjaring pengguna yang masih belum taat berlalu lintas. berbagai pelanggaran ditemukan seperti tidak mengklik tali Helm, Lampu tidak dinyalakan, tidak menggunakan sabuk pengaman bagi pengemudi Mobil.

Pelanggaran yang ditemukan tidak langsung diberikan tindakan Tilang tetapi hanya diberikan teguran dan himbauan secara jelas tentang bahaya yang akan terjadi akibat lalai dalam mentaati peraturan lalu lintas. Warga banyak tersenyum oleh tindakan polisi dilapangan ini.

WhatsApp Image 2017-03-01 at 10.51.57 (1)

Persentase penindakan dari operasi ini adalah 80 % adalah dalam bentuk himbauan, sedangkan 20 % adalah penindakan berupa Tilang, Mengedepankan himbauan untuk mentaati peraturan berlalu lintas lebih dominan selama operasi Simpatik Intan 2017 ini berjalan.

Disamping melakukan pemeriksaan, Petugas lainnya dengan lantang memberikan himbauan melalui pengeras suara yang dibawa dengan harapan mendapatan perhatian bagi warga sekitar maupun yang melintas di jalan kota Paringin ini.

“Penindakan berupa Tilang diupayakan tidak dilakukan, karena operasi ini bersifat Simpatik, tetapi apabila pelanggaran yang dilakukan pengendara dapat  membahayakan pengguna lain baru diberikan Tilang” Ungkap Kasat Lantas.

 

Penulis : Lois Adi

Editor  : Kang Iqbal

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password