Polda Sulsel Gencar Kampanyekan Masuk Polisi Tidak Dipungut Biaya

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan membuka penerimaan anggota Polisi baru untuk tahun ajaran 2017. Proses seleksi diperketat agar bisa menyaring calon anggota yang berkualitas. Untuk Akpol, Bintara dan Tantama, akan dimulai pada tanggal 14 Maret sampai 3 Agustus 2017.

Berbagai cara dilakukan oleh Polda Sulsel untuk menarik minat pemuda-pemudi Celebes agar menjadi anggota Polri, salah satunya dengan melakukan dialog interaktif di sebuah Televisi Nasional TVRI beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kampanye dalam mensosialisasikan penerimaan anggota Polri di Tahun 2017 yang Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis (BETAH).

Dari dialog interaktif yang dipandu secara langsung oleh AKBP Eko Wagiyanto SH, SIK, MH. Selaku Kabag Dalpers Biro SDM Polda Sulsel dan Kasubbagdiapers Bagdalpers Biro SDM Kompol Ade Hermanto, SH, SiK., banyak masyarakat yang antusias bertanya langsung baik melalui telepon maupun SMS. Mereka bertanya tentang tahapan seleksi, persyaratan penerimaan dan lamanya pendidikan, bahkan ada beberapa yang menanyakan tentang biaya untuk masuk menjadi anggota Polisi.

Sontak Eko menjelaskan kepada masyarakat bahwa Penerimaan Polri tidak dipungut biaya sepeserpun, masyarakat diminta untuk tidak percaya kepada oknum yang menjanjikan atau menjamin kelulusan calon pendaftar dengan membayar sejumlah uang dengan tujuan menghasilkan Sumber Daya Manusia Polri yang Profesional.

“Penerimaan Polisi dilaksanakan dengan prinsip BETAH (Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis), tidak dipungut biaya sepeserpun, bagi masyarakat jangan percaya dengan adanya oknum yang menjanjikan kelulusan,” tegas Eko saat menjawab pertanyaan via telepon pada dialog tersebut.

Lebih lanjut Eko menjelaskan bahwa Kapolda Sulsel akan memberikan tindakan tegas apabila menemukan aparat atau masyarakat yang ingin iming-imingkan kelulusan dengan sejumlah uang dalam penerimaan ini.

Sebelumnya panitia penerimaan Calon Siswa (Casis) Polri tahun 2017 jajaran Polda Sulsel telah mengambil sumpah dan menandatangani Pakta Integritas, Selasa (21/2/17). Kegiatan ini dipimpin langsung Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Irjen Polisi Arif Sulistianto melalui video conference (Vicon).

Agar proses seleksi anggota Polri tahun 2017 bersih dan transparan, Asisten SDM Polri, Irjen Arief Sulistyono melalui Vicon Polda se-Indonesia memerintahkan petugas seleksi untuk disumpah.

“Sumpah ini bukan kepada Kapolri, tetapi kepada Allah,” kata Irjen Pol Arief Sulistyono saat memimpin prosesi pengambilan sumpah.

“Saya berjanji bahwa saya akan menjalankan tugas seleksi penerimaan anggota polisi dengan penuh tanggungjawab, jujur, objektif dalam setiap proses penerimaan,” ucap seluruh panitia penerimaan Polri Polda Sulsel tahun 2017 secara serentak melalui Vicon.

Pengambilan sumpah ini dimaksudkan untuk menjamin transparansi dalam proses penerimaan Polri yang akan dilaksanakan oleh Polda Sulsel dalam waktu dekat ini. Bila calon diketahui berbuat kecurangan, maka akan dicatat dan dipidanakan. Dan untuk anggota Polri, akan diberikan sanksi disiplin.

Kepala Biro SDM Polda Sulsel, Kombes Polisi Robert Haryanto mengatakan, tahun 2017 ini, Polda Sulsel mendapat jatah penerimaan anggota Polisi baru sebanyak 418 orang. Rincian alokasi untuk Polda Sulsel yaitu Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) sebanyak 2 orang, Tantama 18 orang, Bintara 389 orang dan Akademi Polisi (Akpol) sebanyak 9 orang.

Khusus untuk kategori SIPSS, saat ini pihaknya tengah melakukan kegiatan kampanye dan pendaftaran online yang akan ditutup pada tanggal 28 Februari 2017 mendatang. Sementara untuk jadwal penerimaan terpadu dalam setiap tahapan ada. Untuk Akpol, Bintara dan Tantama, akan dimulai pada tanggal 14 Maret sampai 3 Agustus 2017.

Untuk pendaftaran melalui On line di www.penerimaan.polri.go.id, kepada masyarakat yang masih belum jelas dengan informasi terkait dengan penerimaan Polri dipersilahkan untuk bertanya ke Bhabinkamtibmas dan Polsek terdekat.

Selain pengambilan sumpah dan janji bagi panitia penerimaan anggota polisi baru pada Polda Sulsel, juga dilakukan penandatanganan pakta integritas terkait penerimaan anggota Polri yang transparansi pada tahun 2017, di ruang video confrence Mapolda Sulsel. Melalui vicon tersebut, Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Mabes Polri, Irjen Pol Arif S Sulistianto, memimpin penandatangan pakta integritas ini yang juga diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda se-Indonesia.

Irwasda Polda Sulsel, Kombes Pol Lukas Arry Dwiko Utomo mengemukakan bahwa penandatangan pakta integritas ini sebagai wujud komitmen Polri dalam menjamin perekrutan anggota yang transparan.

“Dari awal kami akan merekrut anggota Polri dengan komitmen yang kuat yang dikaitkan dengan kebijakan Kapolri yaitu profesional, modern dan terpercaya,” ujar perwira menengah itu.

Namun untuk menjamin tes anggota Polri pada tahun 2017 yang transparan, pihaknya akan melibatkan panitia eksternal seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Kami akan transparan, pihak luar pun kami libatkan. Dan kalau ada informasi dari manapun itu, ketika ada yang dianggap menyimpang, silahkan laporkan kepada kami panitia di internal penerimaan Polri ini,” ujar Irwasda Polda Sulsel memberi jaminan bahwa pihaknya akan benar-benar menjalankan proses seleksi penerimaan anggota Polri baru tahun 2017 sesuai ketentuannya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar DR. Dr. Siswanto Wahab yang juga dilibatkan dalam panitia rekruitment Polri tahun 2017 terlihat turut hadir pada pengambilan sumpah panitia penerimaan Polri Polda Sulsel yang dilaksanakan serentak se-Indonesia via video conference, Selasa (21/02/17).

Diharapkan dengan kehadiran DR. Dr. Siswanto dapat bersinergi dengan Kepolisian Daerah Sulsel untuk menciptakan generasi Kepolisian yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

 

“Tentunya kami atas nama panitia akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk menciptakan rekruitmen anggota Polri yang handal dan siap mengabdi bagi tanah air,” ujar DR.dr Siswanto.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password