Operasi Simpatik Matoa 2017 di Nabire : Mari Bersama – Sama Menjaga Kamseltibcarlantas Di Kabupaten Nabire

Tribratanews.polri.go.id – Polres Nabire Papua, Kepolisian Resor Nabire melaksanakan ” Gelar Pasukan Operasi Simpatik Matoa 2017 Satuan Lalu Lintas Polres Nabire “, bertempat di Lapangan Apel Mapolres Nabire, Rabu (01/03/17) pagi.

Gelar pasukan ini secara serentak seluruh Indonesia dalam rangka ” Operasi Simpatik Matoa 2017 “. Polres Nabire sendiri dilaksanakan pada pukul 09.00 Wit. Pada gelar pasukan tersebut sebagai Inspektur Upacara AKBP Semmy Ronny Thabaa, SE ( Kapolres Nabire ), Perwira Upacara AKP Samuel D. Tatiratu, SIK ( Kasat Lantas ) dan Komandan Upacara Iptu Julkifli Sinaga, SIK ( Kaur Bin Ops Sat Lantas ).

IMG-20170301-WA0127

Dan peserta upacara dihadiri dari 1 SST Perwira Polres Nabire, 1 Regu Anggota Subden POM 12 Nabire, 1 SST Gabungan Anggota Staf Polres Nabire, 1 SST Gabungan Anggota Sat Intelkam dan Sat Reskrim Polres Nabire, 1 SST Anggota Sat Lantas Polres Nabire, 1 SST Perwakilan dari Dinas Perhubungan Darat Nabire, 1 SST Perwakilan dari Sat Pol PP Nabire serta 1 SST Komunitas Ojek Kab. Nabire.

IMG-20170301-WA0129

Dalam upacara tersebut Inspektur upacara membacakan amanat dari Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, MM, adapun inti dari amanat tersebut :

a. Ucapan syukur kepada Tuhan karena kita bisa hadir ikut upacara apel gelar pasukan operasi Simpatik Tahun 2017.

b. Tujuan dilaksanakan Apel untuk mengetahui kesiapan personil maupun sarana dan prasarana lain dalam giat operasi. Serta Ops Simpatik 2017 berlaku mulai pada tanggal 01 Maret s/d 21 Maret 2017 ( selama 21 Hari ).

c. Menyampaikan data pelanggaran berupa tilang pada tahun 2015 dan tahun 2016 mengalami kenaikan ( 15 % ), sedangkan teguran mengalami penurunan ( – 11 % ).

d. Jumlah laka lantas tahun 2015 dan 2016 mengalami kenaikan ( 6 % ).

e. Korban MD Tahun 2015 dan 2016 mengalami penurunan ( – 2% ).

f. Korban luka berat Tahun 2015 dan 2016 mengalami penurunan ( – 14 %).

h. Korban luka ringan Tahun 2015 dan 2016 mengalami kenaikan ( 17 % ).

g. Anggota Lalu lintas mempunyai fungsi :

1). Edukasi.

2). Engineering ( rekayasa ).

3). Enforcement ( penegakan hukum ).

4). Identifikasi dan registrasi pengemudi dan kendaraan bermotor.

5). Pusat K3I ( komunikasi, koordinasi dan kendali serta informasi ).

6). Koordinator pemangku kepentingan lainnya.

7). Memberikan rekomendasi dampak lalu lintas.

8). Korwas PPNS.

Diakhir amanat Ops Simpatik Matoa 2017, Kapolres Nabire AKBP Semmy Ronny Thabaa, SE memberikan arahan kepada peserta upacara gelar pasukan Ops Simpati Matoa 2017 Polres Nabire.

” Saya menyampaikan terimakasih kepada instansi terkait satuan samping, Sub Den POM 12, Dishub Nabire, Sat Pol PP Nabire, dan Komunitask Ojek Kabupaten Nabire  “, ujar Kapolres.

Terpeliharanya kamseltibcarlantas tidak serta merta hanya 70% saja, lebihnya karena peran serta dari instansi terkait punya kepentingan bersama kamseltibcarlantas bersama-sama ikut berpartisipasi aktif dalam melaksanakan dan ikut membantu dari internal ke dalam guna disenirgikan untuk menjaga keamanan dijalan raya.

” Operasi Simptik Matoa 2017 ini mulai dari kita, baik dari TNI dan Pemerintah Daerah serta Dishub Nabire. Agar anggota Polres Nmabire bisa dibantu oleh dari instansi samping “. Setelah ini Polres Nabire sedang melakukan Operasi terpusat Ops Simpatik 2017 langsung dari Mabes Polri dan meminta dukungan dari instansi samping dari pihak – pihak terkait, ungkap Kapolres Nabire.

Guna Apalagi Polres Nabire harus taati peraturan lalu lintas jadikan contoh bagi masyarakat, baik dari Dishub, Pol PP dan Komunitas Ojek dalam menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas di Kabupaten Nabire.

Penulis : Efer Lamba

Editor : Kang Iqbal

Publish : Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password