Ratusan Ribu Butir Obat Ilegal Disita Polisi Polda Metro Jaya

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya Rabu (01/03/2017) pukul 10.30 wib

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya berhasil mengungkap penjualan obat keras atau ilegal yang sangat berbahaya secara bebas dan menangkap dua tersangka pelaku utamanya, yakni “M” dan “MS”. Demikian dikatakan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol.Wahyu kepada Wartawan, Kamis 12 Januari 2017 di Jakarta.
Selain menangkap pelaku, menurut Kombes Wahyu Hadiningkrat, pihaknya berhasil menyita ratusan ribu butir barang bukti obat keras berbagai jenis dari sejumlah Apotik, yang notabene milik kedua tersangka. Diantaranya semua obat – obat itu didapatkan dari Apotik Vico Tama  di daerah Banten, Apotik Salembaran Jaya di daerah Kosambi, Tangerang, Toko Obat di daerah Kalideres, Jakarta Barat. Selain itu juga disita dari rumah tinggal tersangka “M” di Tangerang dan dari rumah tersangka ‘MS” di daerah Jakarta Barat.
Semua obat-obat keras yang diedarkan kedua tersangka dijual perpaket dengan harga murah, namun keungtungan tersangka per bulan mencapai Rp 400.000.000. Pembeli obat-obat keras ini  pada umumnya anak-anak remaja. di mana apabila dikonsumsi pengarugnya menimbulkan efek alusinasi, seperti pengaruh orang yang mengkonsumsi narkoba. Oleh karena itu, menurut Wahyu, dalam pengembangan pengusutan kasus ini, pihaknya kemungkinan akan bekerjasama dengan Direktorat Reserse Narkoba, namun untuk itu masih menunggu hasil pemeriksaan kandungan pada obat-obat yang disita itu laboratorium.
Maka sementara ini kedua tersangka dikenakan Undang – Undang ( UU ) Tindak Pidana Dibidang Kesehatan, UU Perlindungan Konsumen dan UU Tindak Pidana Pencucian Uang. Namun apabila hasil pemeriksaan laboratorium menyatakan kandungan dalam obat-obat yang disita tersebut mengandung bahan-bahan jenis pembuat narkoba, kasus narkobanya akan dilimpahkan kepada Direktorat Reserse Narkoba, tambah Wahyu.

Penulis : Devianti

Editor : Iqbal96

Publish : Devianti

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password