Mulai Hari Ini Polda Sulsel dan Jajaran Akan Menggelar Operasi Simpatik 2017

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan kembali menggelar Operasi Simpatik selama 21 hari yang dimulai hari ini tanggal 1 Maret s/d 21 Maret 2017. Dimulainya operasi ini ditandai dengan apel gelar pasukan Operasi Simpatik 2017 yang dipimpin Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono di Lapangan upacara Mapolda Sulsel, Rabu (1/3/17).

Sesuai dengan sandinya, Operasi Simpatik lebih menekankan cara bertindak yang humanis dan bersifat preemtif serta preventif yang sifatnya lebih kepada teguran dan imbauan dengan mengedepankan upaya simpatik berupa senyum, sapa dan salam. Tujuan operasi ini tentunya untuk terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar dengan indikator menurunnya jumlah kecelakaan lalu lintas, baik kualitas maupun kuantitas.

Tujuan lainnya adalah meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan agar terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan membangun opini melalui penegakan hukum lalu lintas secara proporsional dan profesional.

Adapun sasaran dari operasi meliputi kelengkapan STNK, SIM, Helm (SNI), Spion, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dan knalpot serta pelanggaran rambu – rambu lalu lintas. Knalpot yang tidak sesuai standar pabrikan akan mendapat penindakan. Syaratnya antara lain standar kebisingan suara dan emisi gas buang. Hal ini bahkan sudah ada dalam Peraturan Menteri Lingkungan No. 7 Tahun 2009 tentang ambang batas kebisingan Kendaraan bermotor tipe baru.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password