Kuliah Umum Kapolda DIY di UMY, Merajut Kebhinekaan di Era Kompetisi dan Tantangan Global

tribratanews.polri.go.id JOGJA – Dalam rangka mendukung Kebijakan Kapolri, hari ini, Selasa (28/02) Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. memberikan Kuliah Umum di depan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Acara yang diprakarsai oleh Direktorat Pembinaan Masyarakat dan Biro Humas dan Kerjasama UMY ini dilaksanakan di Gedung AR. Fachruddin UMY Kampus Terpadu UMY. Kuliah Umum mengambil Tema “Merajut Kebhinnekaan Di Era Kompetisi dan Tantangan Global” ini dihadiri oleh seratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di UMY.

Rektor UMY yang diwakili oleh Wakil Rektor UMY bidang Kemahasiswaan Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., M.Sc.Eng., Ph.D., PE. menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus sekali untuk mahasiswa pada umumnya. Karena UMY sebagai salah satu pendidikan tinggi berkewajiban untuk mencetak mahasiswa yang memiliki keunggulan dan kecerdasan sesuai motto UMY yaitu ”Unggul dan Islami”.

“Berkaitan dengan isu kebhinnekaan dan kamtibmas yang tentu ini bersinggungan dengan mahasiswa, kita menyadari betul generasi masa depan mempunyai tantangan yang berat,” jelas Wakil Rektor.

‘’Kita harapkan pada bapak Kapolda dapat memberikan wacana yang luas kepada para mahasiswa. Kami ucapkan terimakasih kepada Kapolda dan seluruh jajarannya. Semoga kita dapat mengambil inti dari diskusi ini’’, tutup Sri Atmaja mengakhiri sambutannya.

Mengawali kuliah umum ini Kapolda DIY menyatakan sangat senang dan bersemangat sekali untuk mengisi kuliah umum ini. Dikarenakan pertama kali nya ini adalah Beliau sebagai Kapolda menjadi Dosen Tamu dalam Kuliah Umum yang digelar siang ini.

‘’Saya ucapkan terimakasih telah diterima di sini. Mengapa saya pilih UMY sebagai yang pertama kali, karena mahasiswanya sangat luar biasa. Bahwa di Indonesia kurang lebih ada 100. Salah satunya UMY adalah nomer 2 dari 100 perguruan tinggi swasta di Indonesia. Saya bersemangat sekali intuk hadir di sini’’, kata Kapolda yang disambut tepuk tangan yang meriah dari para mahasiswa.

Dalam paparannya Kapolda menerangkan bahwa saat ini kita masuk pada era kompetisi global. penghancuran negara tidak lagi dilakukan secara konvesional tapi dapat dilakukan dengan sasaran non fisik antara lain perang ideologi, perang ekonomi, perang budaya, serta operasi intelijen.

“Tujuan perang bukan lagi teritorial, tapi lebih ke perang untuk memcapai tujuan penguasaan (sumber daya) ekonomi’’, papar Kapolda.

a1b3ba43-f433-4bda-a44f-1bff46e20dc8Terkait dengan tantangan keberagaman yang beraneka ragam di Indonesia itu sendiri, Brigjen Ahmad Dofiri menerangkan bahwa sampai saat ini masih terjadi intoleransi baik antara umat beragama maupun intern umat beragama.

‘’Masih ada kelompok yang memaksakan untuk mengganti ideologi/dasar negara dengan ideologi tertentu dan secara tidak langsung memudarnya nilai-nilai luhur budaya bangsa, akibat dari globalisasi yang tidak difilter dengan baik’’, kata Kapolda dalam paparannya.

Lebih lanjut Kapolda menekankan pentingnya sosialisasi 4 pilar kebangsaan, Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan UUD 1945. Lembaga pendidikan dapat berperan dalam menanamkan pemahaman sejak dini bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang harus dipertentangkan, namun harus menjadi kekuatan yang saling melengkapi.

Tokoh agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Daerah berperan dalam membangun kesadaran dan memberikan contoh serta tauladan dalam kehidupan yang penuh dengan keharmonisan dan toleransi.

Secara formal melalui lembaga Eksekutif yudikatif legislatif melalui penguatan regulasi dan penerapannya, mengalokasikan dukungan anggaran agar badan struktur dan sistem dapat bekerja dalam kehidupan masyarakat sehingga tercipta nilai-nilai kebhinekaan, serta mencegah dan mengatasi ancaman terhadap kebhinekaan.

‘’Oleh karena itu kita wanti-wanti betul masyarakat kita, harus betul kita sadari, bahwa kita bangsa yang besar’’, tekan kapolda mengakhiri Kuliah Umum.

penulis : dheNy

editor : Iqbal96

publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password