Hutan Mangrove Sebagai Penyeimbang Ekosistem Pesisir, Mari Dilestarikan Bersama

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Pelestarian hutan mangrove di Pantai Cengkrong terus digalakkkan oleh Polsek Watulimo Polres Trenggalek. Selain menjaga kelestarian alam, juga sebagai wujud kepedulian keberlangsungan ekosistem laut di sepanjang pantai, serta sebagai sarana keikutsertaan mengembangkan potensi wisata alam di Watulimo.

Setelah sebelumnya Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si berkunjung kesana sekaligus melakukan penanaman pohon mangrove dan cemara udang, kini giliran Polsek Watulimo Polres Trenggalek bersama Polairud, Koramil Watulimo, Ormas Pemuda Pancasila dan kelompok Pokdarwis Kejung Samudra yang melaksanakan penanaman pohon secara mandiri, Selasa (28/02).

(Baca juga : Ayo Tanam Mangrove untuk Kelestarian Ekosistem Laut)

Tak kurang dari 2.523 bibit pohon magrove ditanam serentak di sepanjang pantai hingga Jembatan Galau (sebutan masyarakat sekitar untuk jembatan cengkrong).

Dihubungi melalui sambungan selular, Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pengarahan Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si yang menyatakan agar kegiatan pelestarian alam harus berkesinambungan dan berkelanjutan.

Sebelum penanaman pohon mangrove dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan apel untuk mengecek persiapan dan kelengkapan serta pembagian wilayah masing-masing. Tujuannya tak lain agar ada pemerataan tanaman.

Puluhan orang lintas instansi dan Potmas ini tampak kompak dan bersemangat. Berbekal sepatu boot dan cangkul, mereka membagi tugas agar proses penanaman bisa cepat terselesaikan.

Diharapkan dengan aksi penanaman itu kelestarian alam tetap terjaga dan pengunjung wisata hutan mangrove pun dapat lebih meningkat yang akan berpengaruh pula pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat sekitar.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password