Polisi Berdakwah ? Itu Biasa. Ada yang Lebih Seru dari itu. Simak Ulasannya

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Polisi mengajar adzan anak-anak mungkin terdengar ganjil. Tapi tidak bagi Brigadir Dedi Mahendra Sukma, anggota Polsek Bendungan Polres Trenggalek yang juga peraih Bhabinkamtibmas terbaik ini. Setiap sore usai melaksanakan tugas –tugas di kantornya, Brigadir Dedi memang rutin menyempatkan diri mengajar mengaji di sebuah mushola yang berada di Desa Surenlor Kecamatan Bendungan.

Nah disela-sela mengajar mengaji itulah, Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek yang pernah menyandang predikat terbaik lomba Dai Kamtibmas tingkat Polda Jatim itu memberi tambahan pelajaran berupa belajar adzan. Dihadapannya sudah ada beberapa anak laki-laki berusia 7 hingga 15 tahun yang tekun menyimak lafad adzan yang dituliskan disebuah white board ukuran sedang. Sesaat kemudian Brigadir Dedi memberikan contoh pengucapan yang baik dan benar untuk kemudian ditirukan serentak oleh anak didiknya.

Agar lebih matang, setiap anak maju satu persatu berdiri dan mempraktekkan cara adzan di hadapan teman-temannya. Apabila ada yang salah, Brigadir Dedi akan mengoreksi dan mengulang kembali hingga benar-benar hafal dan lancar.

“Untuk persiapan menjelang Ramadhan dan memotivasi semangat anak-anak jadi muadzin”, jelas Polisi yang sehari-hari berdinas di Polsek Bendungan Polres Trenggalek ini.

Menurut Brigadir Dedi, mengajar anak-anak mengaji atau adzan memiliki tingkat kesulitan yang bervariatif. Oleh karenanya, sebagai pengajar Brigadir Dedi harus mengidentifikasi kemampuan dan daya serap masing-masing anak.

“Sama seperti sekolah formal, harus ada pendekatan personal kepada anak-anak agar termotivasi belajarnya”, terangnya.

Dengan belajar adzan, Brigadir Dedi berharap tenaga muadzin muda akan terus bertambah sehingga masjid dan mushola di Desa Surenlor akan selalu ramai dengan kegiatan beribadah.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password