Pengamanan Natal Dan Tahun Baru 2017 Polres Brebes : 1200 Personel Diterjunkan

img_1267Tribratanewspolri – Dalam rangka memberi kenyamanan dan rasa aman pada Hari Raya Natal Tahun 2016 dan Tahun Baru 2017, Polres Brebes Jawa Tengah mengadakan Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi Tahun 2016 pada hari Kamis (22/12/2016) di halaman Mapolres Brebes. Gelar Pasukan diikuti oleh berbagai elemen baik POLRI, TNI, Ormas dan Instansi terkait yang akan dilibatkan dalam pengamanan dimaksud.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Herukoco, memimpin pelaksanaan gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2016 yang dihadiri juga oleh Forkompinda Kabupaten Brebes.

Dalam sambutannya yang membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian disampaikan bahwa Apel ini diselenggarakan secara serentak oleh seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat Mabes hingga kesatuan wilayah.

Menurutnya, apel ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan Polri dalam melaksanakan operasi pengamanan Natal 2016 dan tahun baru 2017,  baik pada aspek personel, sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra kamtibmas lainya.

Dibacakan dalam amanatnya, Polri akan menggelar Operasi Lilin Candi 2016 selama 10 hari. Yakni dimulai sejak tanggal 23 Desember 2016 s/d 1 Januari 2017. Operasi akan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelelijen serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Disebutkan juga, secara keseluruhan pelaksanaan Operasi Lilin 2016 Polri mengerahkan 85.744 personel Polri dibantu 15.096 personel TNI serta 55.130 personel gabungan dari satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka dan Jasa Raharja. Para Persnel tersebut akan ditempatkan pada 1.609 Pos Pengamanan dan 643 Pos Pelayanan guna memberikan pengamanan Kamtibmas dan Kamseltibcar lantas.

Sementara itu, Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan usai apel menyampaikan bahwa khusus di Kabupaten Brebes sedikitnya akan diterjunkan 1.200 personel yang akan disebar baik di Pos Pengamanan maupun Pos Pelayanan.

Disampaikan Kapolres, mereka tidak hanya ditempatkan di gereja-gereja yang akan dijadikan pusat ibadah oleh umat Kristiani. Akan tetapi penggal-penggal jalan sepanjang jalur Pantura, tengah dan Selatan juga akan ditempatkan personel untuk memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat yang akan menikmati libur akhir tahun.

“Setidaknya 27 Gereja maupun tempat ibadah diwilayah Kabupaten Brebes yang akan diguakan untuk beribadah umat Kristiani. Sedangkan Untuk Pos Pengamanan (Pospam) ada 11 Pos Penggal jalan, 15 Sub Pos Penggal Jalan, 5 Pospam Gereja, 5 Pospam Obyek Wisata dan 1 Pospam Rawan Konflik,” terang Kapolres.

Ditambahkan oleh Kapolres, dengan situasi Nasional yang masih diwarnai dengan beberapa aksi teror dan dinamika kehidupan yang terjadi beberapa bulan terkahir yang menunjukan adanya potensi gangguan dalam bentuk Intoleransi baik Intern maupun antar agama. Hal ini merupakan ancaman yang masih akan terus berlangsung. Oleh karena itu, pihaknya mengajak kepada seluruh elemen yang terlibat pengamanan untuk bisa maksimal dalam menjaga dan mengamankan pelaksanaan ibadah Natal 2016 dan perayaan pergantian tahun 2017.

Kepada para Pengurus Gereja, pihaknya juga telah melaksanakan rapat koordinasi (rakor) terkait rencana pengamanan tersebut. Dimana nantinya Polri dan Panitia Gereja akan melakukan pengecekan kepada para Jemaah yang akan beribadah digereja. “Hal ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama pelaksanaan perayaan dan Ibadah untuk umat Kristiani,” terang Kapolres. (Hms Res BBS)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password