PEMUSNAHAN BARBUK : Dari 113 Perkara Yang Ditangani Polres Balangan

Polres Balangan – Tindak kejahatan yang terjadi di wilayah hukum polres Balangan yang sudah menjalani proses hukum dalam periode 21 maret 2016 s/d 20 desember 2016 mencapai 113 perkara, dari ke 113 perkara ini, 50% nya atau 56 kasus adalah tindak pidana Penyalahgunaan Narkoba.

Proses pemusnahan barang bukti pada hari Kamis 22/12/ 2016 pukul 10.30 Wita ini dihadiri oleh Kepala BNN Balangan, Kasat Reskrim,  Kasat Narkoba serta perwakilan dari Pemda Balangan, dengan diawali kata sambutan oleh kepala kejaksaan Balangan.

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Balangan Tommy Kristanto, SH, M.Hum mengucapkan terima kasih atas kinerja Polres Balangan serta unsur terkait dalam memerangi Narkoba di bumi sanggam ini, terbukti dengan banyaknya kasus tindak pidana penyalahgunaan Narkoba yang ditangani, tetapi kedepannya harus berhasil mengungkap bandarnya, tidak hanya pengedar dan pemakai saja.

Barang bukti yang berhasil disita dari 3 jenis kasus yang berbeda adalah

  1. Tindak Pidana Narkotika dan Kesehatan 56 Kasus : Zenith 3.819 Butir, Dextro 5.169 Butir, THD 1.645 Butir, sabu seberat 7.4 gram serta timbangan dan handphone pelaku
  2. T.P terhadap Orang dan Harta Benda (Oharda), T.P Keamanan Ketertiban Umum (Kamtibum), T.P Umum dan Lainnya (TPUL)  48 Kasus  : 5 Senpi dan 5 butir peluru tajam, 22 senjata tajam serta 1 set perlengkapan permainan judi Dadu.
  3. Tindak Pidana Ringan ( Tipiring) sebanyak 9 Kasus : 2 botol Malaga,1 botol Wisky dan 5 tank toak

Semua barang bukti tersebut dimusnahkan di belakang kantor kejaksaan Balangan dengan cara membakar untuk obat -obatan, di potong – potong untuk senpi dan sajam sedangkan untuk miras nya langsung di campur dengan air dan dibuang.

Memerangi Narkoba ini merupakan tanggung jawab bersama baik instansi pemerintah maupun dilingkup keluarga sendiri, dengan langkah – langkah preemtif melalui pembinaan dan penyuluhan ditempat keramaian sampai di sekolah – sekolah, langkah preemtif ini merupakan cara yang paling efektif dalam mencegah meluasnya peredaran obat terlarang yang saat ini semakin gencar menyerang pada generasi muda kita.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password