Pencurian Rumah Kosong di Purbalingga : Polisi Berhasil Menangkap Tiga Pelaku, Salah Satunya Residivis

Tribratanews.polri.go.id – Polres Purbalingga, Satreskrim Polres Purbalingga berhasil mengungkap kasus pencurian dengan sasaran rumah kosong yang terjadi di wilayahnya. Tiga pelakunya berhasil ditangkap di beberapa lokasi berbeda beserta barang bukti hasil kejahatan.

tmp_21211-IMG-20170228-WA00681472425813

Kasat Reskrim Polres Purbalingga AKP Djunaidi, S.H. saat memberikan keterangan Selasa (28/2/2017) mengungkapkan bahwa pelaku yang diamankan yaitu SPO (46) warga Desa Kecila, Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas dan TH (37) warga Desa Sumberwulan, Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo. Sedangkan satu orang lainnya AAF (31) warga Desa Gandatapa Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas sebagai penjual barang hasil curian.

Modus yang dilakukan yaitu dua pelaku berkeliling menggunakan sepeda motor untuk mencari sasaran. Setelah mendapatkan target, salah satu dari mereka mengetuk rumah sampai tiga kali. Jika ada jawaban dari penghuni rumah mereka berpura-pura membagikan brosur penawaran kredit.

Namun apabila tidak ada jawaban dari penghuni rumah, mereka langsung beraksi dengan cara mencongkel pintu atau jendela menggunakan linggis. Setelah berhasil masuk, mereka kemudian menguras barang berharga yang ada di rumah tersebut. Kemudian mereka kabur dan barang hasil curian itu diserahkan ke pelaku lainnya untuk dijual.

Dari tangan tersangka, polisi berhasil menyita barang bukti berupa sepeda motor Yamaha Scorpio bernomor polisi R-2224-GH serta obeng dan pencongkel dari besi yang digunakan pelaku untuk beraksi. Selain itu barang hasil pencurian juga turut diamankan. Barang elektronik tersebut antara lain dua laptop, lima televisi dan ponsel.

“Sebelum ditangkap, mereka telah melakukan aksi pencurian sebanyak delapan kali di wilayah Purbalingga. Total aksi yang dilakukan sudah lebih dari sepuluh kali di wilayah eks-Karesidenan Banyumas, dan tersangka SPO merupakan residivis kasus yang sama,” jelas Djunaidi.

Salah satu aksi pelaku terjadi di rumah milik korban bernama Isna Rudianto (28) warga Desa Gemuruh RT 2 RW 1, Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Kejadian pada bulan Desember 2016 yang lalu. Korban kehilangan beberapa barang elektronik saat rumah kosong ditinggal bekerja.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka kini mendekam di tahanan Mapolres Purbalingga untuk proses lebih lanjut. Mereka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan yang  ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun penjara.

( Humas Polres Purbalingga )

Penulis : J. Purwantoro
Editor : Iqbal96
Publish : J. Purwantoro

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password