Puluhan Warga Desa Posi Keracunan Massal Usai Menyantap Hidangan Pengantin

Tribratanews.polri.go.id – Luwu Sulsel, Puluhan warga Desa Posi, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu mengalami keracunan massal usai menyantap hidangan khas daerah Luwu yaitu Dangkot (Masakan ayam menggunakan bumbu lengkuas) pada acara lamaran di Dusun Pollo Padang, Desa Posi, Senin (27/2/17).

Kejadian tersebut berawal pada hari Minggu (26/2) saat masyarakat memenuhi undangan acara lamaran yang diadakan oleh salah satu warga bernama Maning, dalam acara tersebut para tamu menyantap masakan yang disediakan tuan rumah berupa Dangkot.

Malam harinya masyarakat yang menyantap masakan tersebut satu persatu mulai merasakan pusing, muntah, mencret serta demam dan dilarikan ke puskesmas Bua. Hingga kini korban mencapai 43 orang dirawat di Puskesmas Bua dan 1 orang dirawat Rumah sakit ST. Madyan Palopo karena yang bersangkutan berdomisili di Kota Palopo.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Dokter Puskesmas Bua dr. Bunadi bahwa hasil pemeriksaan sementara diduga penyebabnya adalah bakteri yang terdapat didalam makanan yang disantap oleh para tamu yang kemungkinan dalam mengolah masakan tersebut kurang bersih dan atau dalam penyajiannya yang kurang bersih.

“Namun untuk kepastiannya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan yakni uji laboratorium terhadap sampel makanan maupun pemeriksaan langsung terhadap pasien,” ujar Bunadi.

Hingga saat ini pihak Puskesmas Bua sudah melakukan penanganan berupa tindakan medis dengan pemberian cairan infus untuk memulihkan volume cairan dalam tubuh para pasien dan oleh Pihak Puskesmas menyatakan tidak ada pasien yang perlu mendapatkan penanganan medis secara serius/ tidak ada pasien yang dinyatakan kritis.

Sementara itu pihak Polsek Bua dibantu Sat Reskrim Polres Luwu telah mengumpulkan sample makanan untuk dilakukan uji laboratorium. Untuk peyelenggara yaitu Maning belum bisa dilakukan pemeriksaan karena yang bersangkutan juga masih dalam perawatan medis.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Kang Iqbal

Publish : Abu Uwais

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password