Jelang Ops Simpatik Turangga 2017, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi

IMG_6738

IMG_6735
Tribratanews.polri.go.id – Polda NTT, Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) kembali akan mengadakan Operasi Simpatik, yang digelar selama 21 hari, terhitung tanggal 1 s/d 21 Maret 2017.

Berkaitan dengan operasi tersebut, Kepolisian Resor Belu menggelar Latihan Pra Operasi Simpatik Turangga 2017, senin (27/2/17), yang di buka oleh Kapolres Belu Akbp Michael Ken Lingga, SIK.

Tujuan pelaksanaan Latihan Pra Operasi Simpatik ini kata Kapolres Belu yaitu sebagai penyamaan persepsi, cara bertindak, target operasi, dan pembuatan format laporan.

Dalam pelaksanaannya nantinya lanjut Kapolres Belu, Satuan fungsi lainnya yang ada di Polres juga akan ikut terlibat di lapangan.

”Operasi Simpatik ini akan Kita terapkan operasi gabungan terpadu dengan melibatkan semua fungsi-fungsi yang ada seperti  fungsi Intel, Reskrim, Narkoba dan Sabhara. Lantas memeriksa surat-surat, Sabhara,Intel,Narkoba laksanakan sesuai tupoksinya dan Propam melaksanakan pengawasan setiap kegiatan yang dilakukan dilapangan” terang Kapolres Belu yang didampingi Waka Polres Belu Kompol Oktovianus Wadu Ere, SH.

Masih tentang Pelaksanaan Operasi Simpatik, Kapolres Belu menekankan kepada anggota untuk melaksanakannya secara humanis dan bersifat edukasi setiap menemui adanya pelanggaran terkecuali pelanggaran berat yang tentunya ditindak sesuai dengan prosedur hukum yang ada.

”misalnya ada pelanggaran dengan pengendara melarikan diri saat diperiksa petugas, upayakan tidak dilakukan pengejaran karena andai orang yang dikejar tersebut grogi akhirnya jatuh, yang disalahkan pastinya Kita dan sebaliknya Kita yang jatuh, Kita juga sendiri yang merasakan ruginya”terang Kapolres Belu.

Selain penertiban di jalan raya, Kapolres Belu juga menghimbau Sat Lantas untuk aktif ke sekolah-sekolah memberikan memberikan penyuluhan tentang Lantas.

Sementara Waka Polres Belu dalam arahannya meminta Kepada para Kasat Gas, untuk melakukan perencanaan secara baik dan jabarkan tugas kepada seluruh anggotanya sehingga anggota memahami tugas dan mengerti apa yang harus dilakukan di lapangan nantinya.

Lat Pra Ops Simpatik Polres Belu hari pertama ini, juga diisi dengan Paparan dari Kabag Ops Polres Belu, Kasat Lantas, Kaur Bin Ops Sat Intelkam dan Kaur Bin Ops Sat Sabhara Polres Belu.

Lat pra ops yang digelar di aula lantai 2, dihadiri oleh Para Kabag,Kasat, Para Perwira Staf Polres Belu serta Anggota Brigadir Polres Belu yang terlibat dalam operasi Lilin Turangga 2016.

Untuk diketahui, Lat Pra Ops akan digelar selama 2 hari yakni pada tanggal 27 & 28 Februari 2017. Selain pembekalan materi, latihan pra operasi ini akan diisi dengan praktek/simulasi kaitan dengan target/sasaran operasi ini.

Penulis : PID Polda NTT

Editor : Kang Iqbal

Publish : Eja Manto

Admin Polri53937 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password