Polisi Laksanakan Olah TKP di Lokasi Kecelakaan Bus Solaris Jaya di Tawangmangu Karanganyar

20170227_220418

20170227_220418

 

Tribratamews.polri.go.id-KARANGANYAR- Ditlantas Polda Jateng, Puslabfor Mabes Polri Cabang Semarang, dan Polres Karanganyar melakukan olah tempat kejadian perkara pada Senin(27/02/2017)

Olah TKP Kecelakaan maut minibus yang mengangkut rombongan kepala sekolah, guru, dan keluarga dari SDN Jimbaran Wetan, Wonoayu, Sidoarjo, Jatim, Minggu (26/2/2017).

Enam orang meninggal saat minibus Solaris Jaya berpelat nomor K 1677 CD yang mereka tumpangi dari Sarangan ke Tawangmangu terjun ke jurang sedalam 10 meter. Dugaan sementara kendaraan mengalami rusak sistem pengereman.
Unit Laka Sat Lantas Polres Karanganyar bersama Seksi Kecelakaan Ditlantas Polda Jateng melakukan olah TKP menggunakan Traffic Accident Analysis (TAA).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng, AKBP Pungky Bhuana Santoso, menyampaikan penggunaan TAA untuk menyinkronkan olah TKP menggunakan aplikasi sehingga akan diketahui rekonstruksi kecelakaan yang terjadi. Hasil olah TKP menggunakan TAA akan diketahui setelah satu hari.

“Sesuai SOP (standard operating procedure), korban kecelakaan lebih dari lima orang maka kami turun. Hasil TAA akan diketahui kemiringan jalan, luas penampang jalan, bagaimana kendaraan terlibat kecelakaan, sebelum kecelakaan ada bekas ban di jalan atau tidak. Semua pecahan itu dihubungkan jadi satu. Kecepatan kendaraan, bagaimana kendaraan terguling juga bisa diketahui,” ujar AKBP Pungky di lokasi kejadian.

Hal senada disampaikan Kasat Lantas Polres Karanganyar, AKP Ahdi Rizaliansyah, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, SIK, MSi.  Kasat Lantas menyampaikan olah TKP itu juga untuk mengukur sudut elevasi, bekas rem, titik pengereman, dan lain-lain.| Iswanez

Editor: Kang Iqbal Asik, 96

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password