Sebuah Kepedulian yang Berangkat dari Keikhlasan Hati

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Menanamkan sikap kepedulian bukanlah perkara mudah. Kepedulian haruslah berangkat dari keikhlasan hati. Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si seringkali menekankan arti penting sebuah kepedulian dikorelasikan dengan tugas-tugas Kepolisian kepada jajarannya.

“Polisi itu pengayom dan pelayan masyarakat. Sebagai pengayom, Polisi harus mau tahu keadaan masyarakatnya. Sebagai pelindung maka harus peduli. Peduli tentang apapun terutama kesulitan masyarakat sekitar”, ujar orang nomor satu di Polres Trenggalek itu.

Usaha AKBP Donny menanamkan kepedulian nampaknya mulai menujukkan hasil yang signifikan. Secara perlahan namun pasti, hampir seluruh Polsek jajaran Polres Trenggalek mulai menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat. Bukan sebagai pencitraan apalagi karena terpaksa, namun berangkat dari hati nurani dan keikhlasan.

Gerakan kepedulian kepada sesama yang dilaksanakan oleh anggota Polri di jajaran Polres Trenggalek

23fe538a-f3c5-4a96-814f-52d6e1e3eb28 853e0b34-f0c5-469f-b34a-d82deed6262c c019caad-98c6-41d0-b8d3-7e89ef343d74Hari ini, setidaknya tercatat 5 kegiatan yang menunjukkan eksistensi Polsek jajaran Polres Trenggalek dalam menerjemahkan kepeduliannya. Polsek Watulimo Polres Trenggalek, dipimpin oleh Wakapolsek Ipda Jotomo, SH dan beberapa anggotanya menyambangi Mbah Sarinah, warga Desa Karanggandu yang saat ini menderita stroke dan hidup sebatang kara. “Kasihan, sudah sepuh dan tidak bisa mencari nafkah, hanya bergantung pada tetangga saja”, ujar Ipda Jotomo.

Sementara itu, Bripka Siswanto, seorang Bhabinkamtibmas Polsek Suruh Polres Trenggalek menyerahkan bantuan sembako kepada Bu Parti, warga Desa Mlinjon yang hidup serba kekurangan.

“Membantu semampu kita, yang terpenting bermanfaat bagi masyarakat”, ujar Bripka Siswanto.

Di lokasi terpisah, Aiptu Sahudi, SH, Bhabinkamtibmas Polsek Panggul Polres Trenggalek memberikan bantuan dan santunan kepada Subari, warga desa binaannya yang tak mampu dan baru saja terkena bencana tanah longsor.

“Walaupun kecil tapi berguna membantu sesama”, ujar Polisi murah senyum ini.

Sedangkan Polsek Tugu Polres Trenggalek menggelar kegiatan yang sama di dua tempat yang berbeda. Pertama, adalah Bhabinkamtibmas Desa Banaran yang saat sambang desa ia manfaatkan sekaligus untuk menyerahkan bantuan kepada Mbah Mariyem yang hidup tanpa sanak saudara. Dan kedua, Bhabinkamtimas Desa Prambon, Brigadir Fuad Akmal memberikan bantuan sembako kepada Mbah Tunik, warga tak mampu di desa setempat.

“Agar rasa peduli lebih mengakar dikalangan anggota, harus ada contoh dan teladan bagi mereka”, ujar Kapolsek Tugu Polres Trenggalek, Iptu Bambang Purwanto, SH, MH yang juga kerap blusukan ke desa-desa memberikan bantuan kepada warga miskin ini.

Demi menumbuhkan kepekaan anggotanya, Polres Trenggalek sendiri menggelar program Polisi Peduli Sesama atau P2S yang merupakan program kemanusiaan melalui perwujudan sikap kepedulian kepada sesama dan lingkungan sekitar.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

Admin Polri56607 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password