Saat Razia, Polres Grobogan Ungkap SIM Palsu

Tribratanews.polri.go.id – Beberapa waktu lalu, media nasional ramai memberitakan mengenai Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) palsu, tapi kali ada pula SIM (Surat Ijin Mengendarai) C palsu. Hal ini ditemukan anggota Satlantas Polres Grobogan saat menggelar razia kendaraan bermotor di Jalan R Suprapto Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (27/2).

Adapun tersangka pemalsuan, atas nama Setyawan, Warga RT 3 RW 2 Dusun Beber Desa Mayahan Kecamatan Tawangharjo. Dirinya menjelaskan bahwa SIM tersebut sengaja dipalsukan. “Saya membuat copian SIM  karena  khawatir kalau hilang tidak ada gantinya,” kata Setyawan.

Dirinya mengakui SIM tersebut dibuat di toko fotocopy di wilayahnya. “Saya tidak membuatnya sendiri, tetapi saya mem-fotocopy-kan di toko Tawangharjo. Dengan biaya pembuatannya Rp 5.000,” ungkapnya.

Sementara Kaur Bin Ops KBO Satlantas Hasto Broto mengatakan kasus ini baru pertama kalinya dijumpai. “Sebelumnya kami tidak pernah menemukan hal semacam ini,” kata Hasto.

Dirinya menunjukan SIM tersebut dibuat hampir mirip dengan aslinya. Namun bisa dengan mudah dikenali, lantaran dari cetakannya. Tintanya luntur sehingga tidak mudah dibaca.

“Kemudian pria tersebut langsung kami amankan ke kantor Polres. Dirinya kami serahkan ke bagian Reskrim, utnuk dimintai keterangan. Tujuannya untuk menemukan motif lebih dalam mengenai pemalsuan SIM tersebut,” jelasnya.

 

Penulis : Teddy

Editor   : Iqbal96

Publish : Teddy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password