OPERASI LILIN SIAK 2016 POLDA RIAU : Polda Riau Lakukan Apel Ops Lilin 2016 di Halaman Kantor Gubernur Riau

Polda Riau – Dalam rangka menyambut kegiatan Natal dan Tahun baru 2017, Polda Riau laksanakan Apel Ops Lilin 2016 di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman Pekanbaru pagi ini (22/12/2016).

Sebagaimana dijelaskan oleh Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, SIK.MM dalam keterangannya kepada tribratanewsriau.com bahwa upacara ini dilaksanakan dalam rangka menyambut kegiatan Natal dan tahun baru 2017. Hadir dalam upacara kesiapan pasukan ini adalah dari pasukan TNI / Polri di Riau, Dari Satpol PP Kantor Gubernur Riau, SAR Provinsi Riau, Senkom Provinsi Riau dan perwakilan Pelajar  di Kota Pekanbaru.
Operasi Lilin 2016 yang akan dilaksanakan dari tanggal 23 Desember sampai dengan tanggal 01 Januari 2017 dimaksudkan untuk memberikan rasa aman masyarakat dalam melaksanakan Hari Raya Natal dan libur panjang Tahun baru 2017.
Dalam amanatnya Kapolda Riau, Irjend Pol Drs Zulkarnain membacakan amanat dari Kepala Kepolisian RI, Jenderal Pol Tito Karnavian yang mengatakan bahwa apel ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan natal 2016 dan tahun baru 2017, baik pada aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti tni, pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.  Dalam amanat ini Zulkarnain sempat menyinggung soal perkembangan dunia global yang ada saat ini yang masih diwarnai dengan beberapa aksi teror yang berlangsung di beberapa tempat. Konflik berkepanjangan di sebagian negara juga masih terjadi disertai trend perlambatan ekonomi yang melanda dunia Internasional.
Perayaan Natal dan Tahun Baru, kata Zulkarnain yang membacakan amanat Kapolri ini, merupakan moment berlibur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di indonesia. Karena itu, diprediksi akan terjadi mobilisisasi atau perpindahan masyarakat dari satu tempat ke tempat lain, dan hal ini yang sedang diantisipasi Polri dalam Operasi Lilin ini kata Zulkarnain.
Karena tingginya arus mobilisasi masyarakat inilah maka Polri diseluruh Indonesia mempersiapkan personil yang mengamankan Operasi sebanyak 85.744 personil yang terdiri dari berbagai Instansi yakni dari TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan Pramuka yang siap menampung keluhan dan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat yang merayakannya. Khusus untuk Riau disiapkan sebanyak 3.092 Personil Gabungan untuk Amankan Natal dan Tahun Baru.lil

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password