Pengetan 270 Tahun Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat, Kraton Yogyakarta Gelar Semaan Alqur’an

tribratanews.polri.go.id JOGJA – Ribuan jemaah warga Yogyakarta mengikuti mujahadah dan sema’an Al Qur’an untuk memperingati 270 Tahun Hadeging Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat di serambi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Sabtu (25/2/2017) malam.

Acara yang diawali Mujahadah Dzikrul Ghofilin dipimpin oleh KH Misbachul Munir, dilanjutkan dengan Sema’an Al Qur’an. Hujan yang turun tidak menyurutkan jamaah untuk mengikuti acara tersebut dan tidak mengurangi kekhidmatan untuk beribadah agar memberi manfaat bagi semuanya.

Pada acara tersebut, dhadiri keluarga Keraton Yogyakarta, unsur Muspida DIY dan Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri pun turut hadir. Raja Kraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Bawono Ke X menyampaikan amanatnya Mujahadah adalah kunci hidayah, mujahadah yang siakhiri dengan semaan Qur’an adalah tradisi keagamaan. Sri Sultan menambahkan untuk tidak menyebarkan berita bohong (hoax) yang mengakibatkan tidak ada kebenaran informasi.

Acara yang berlangsung 2 hari ini dimulai sejak hari Sabtu (25/2/2017) dibuka oleh KRT Kamaludiningrat sebagai ketua panitia didahului dengan pembacaan salawat sedang maidhah khasanah. Saat pemberian sambutan KRT Wasitadibrata mengungkapkan acara tersebut sebagai ungkapan rasa syukur usia Negari Ngayogyakarta mencapai 270 tahun. “Mendoakan semua pendahulu yang sudah meninggal, mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan. Mendoakan agar Negari Ngayogyakarta lestari,” jelasnya.

Mujahadah dan Sema’an Al Qur’an dimulai sejak hari Sabtu (25/2/2017) kemudian dilanjutkan hari ini Minggu (26/2/2017) dengan agenda semaan Alquran di Pagelaran Kraton Ngyaogyakarta. Didahului dengan salat Subuh Berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan semaan.

penulis : dheNy-jay
sumber : krj
editor : Iqbal96
publish : jay

Admin Polri56607 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password