Cegah Banjir, Anggota Polsek Padamara Purbalingga Ikut Bersihkan Sungai

tmp_24553-IMG-20170226-WA0180-1452603490Tribrtanews.polri.go.id – Polres Purbalingga, Kapolsek Padamara memimpin anggota mengikuti kegiatan bersih sungai bersama warga dan komunitas peduli lingkungan, di Sungai Pulus Desa Purbayasa, Minggu (26/2/2017).

Bersih sungai dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir maupun pencemaran akibat sampah. Mengingat akhir-akhir ini cuaca sering turun hujan maka kegiatan ini dilakukan.

Bersama dengan warga, anggota Polsek Padamara menyusuri sungai Pulus untuk memungut sampah di sepanjang alirannya. Sampah yang berserakan di sekitar sungai maupun yang berada di dalamnya diambil dan dimasukkan kantong.

Tidak hanya membersihkan sampah di sungai, dalam kegiatan tersebut dilakukan penebaran benih ikan. Polsek Padamara juga turut berperan serta menyumbang 1000 ekor benih ikan nila dan melem untuk ditebar di sungai tersebut.

Kapolsek Padamara AKP Bambang Sidik Sanyata, S.H. mengatakan untuk mendukung kegiatan bersih sungai pihaknya melibatkan sepuluh personel. Mereka bergabung dengan warga, perwakilan dinas instansi, pelajar dan anggota komunitas peduli lingkungan memungut sampah di sekitar sungai sepanjang 1 km.

“Sebagai wujud kepedulian kita juga turut memberi bibit ikan untuk ditebar di Sungai Pulus Desa Purbayasa untuk menjaga ekosistem tetap terpelihara,” jelas kapolsek.

Dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan, diharapkan tidak terjadi banjir di sungai saat hujan deras karena sampah sudah dibersihkan. Selain itu ekosistem sungai akan tetap terjaga dengan menebar benih ikan.

Sementara itu perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purbalingga Sukirto, S.Pd.,Msi. mengatakan kita perlu bangga dan mengapresiasi kegiatan yang dipelopori oleh Komunitas Lare Peduli Lingkungan. Dimana kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memelihara lingkungan dan mencegah terjadinya banjir.

“Diharapkan dengan kegiatan tersebut lingkungan sungai tetap lestari, bersih dari sampah sehingga manfaatnya bisa dirasakan bersama oleh masyarakat,”

(Humas Polres Purbalingga)

Penulis : J. Purwantoro

Editor : ikbal96

Upload : J. Purwantoro

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password