KAPOLRES BANYUMAS : Tempatkan Petugas di Tempat Potensi Kerawanan saat Ops Lilin Candi 2016

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah S.I.K., S.H., M.Hum memimpin jalannya pelaksanaan Lat Pra Ops Lilin Candi 2016 di Aula Soemarto Sat Lantas  Polres Banyumas, Rabu (21/12/16).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Waka Polres, seluruh pejabat utama Polres Banyumas,  Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, Kasubbag, Kasie dan Kanit serta seluruh personil yang terseprin dalam Operasi Lilin Candi 2016.

Dalam arahannya Kapolres Banyumas menjelaskan bahwa operasi lilin adalah operasi terpusat serentak dilaksanakan seluruh Jajaran Kepolisian. “Operasi Lilin  Candi 2016 adalah terfokus untuk menjaga Perayaan Natal 2016 dan tahun baru 2017. Operasi tersebut akan dimulai tanggal 23 Desember 2016 sampai dengan 2 Januari 2017.

Melalui latihan pra ops ini kita persiapan segala sesuatu yang mendukung kelancaran Ops Lilin Candi 2016. Berbagai atensi pimpinan Polri harus menjadi perhatian kita untuk bekerjasama dengan intansi terkait guna mewujudkan situasi kondusif , aman nyaman  di Kabupaten Banyumas, ujarnya.

AKBP Azis Andriansyah S.I.K., S.H., M.Hum menambahkan, puluhan personel akan disiagakan untuk mengamankan Natal 2016 di seluruh gereja dan titik-titik perayaan tahun baru 2017 di Kabupaten Banyumas. Untuk pengamanan obyek vital dan tempat ibadah, pengamanan di lakukan secara terpadu antar distrik  Polsek Jajaran Polres Banyumas. Guna mewujudkan kebersamaan dan kekompakan semangat, bahu membahu dalam melaksanakan tugas kelompok distrik beralih menjadi Tameng.Yang awalnya Distrik sekarang menjadi Tameng 1,2 dan seteruanya. Imbuhnya.

Kabag Ops Polres Banyumas Kompol Suranto, S.H dalam paparanya menambahkan, keseluruhan personel nantinya akan dibagi untuk melakukan pengamanan pada beberapa obyek, termasuk gereja, pusat keramaian, tempat wisata dan obyek pergantian tahun. Selain itu, dalam melaksanakan pengamanan dan pelayanan akan disediakan beberap posko, yakni posko pelayanan dan posko2 pengamanan. Dan juga 8 posko pengamanan gereja prioritas di Kab.Banyumas.

Kasat Intelkam AKP Siswoto, S.Hdalam paparanya menyampaikan bahwa untuk diketahui situasi jelang perayaan Natal dan Tahun baru 2016 telah terjadi penangkapan oleh tim densus 88 mabes Polri di Depok beberapa waktu lalu, yang mana nantinya akan menimbulkan ekses terhadap kelompok yang pro dengan mereka sehingga perlunya monitor dan waspada para personil yang terlibat pengamanan Natal dan Tahun baru 2017 agar melakukan pengamanan dan penggeledahan setiap jemaat yang masuk ke Gereja serta perlunya waspada terhadap orang yang gerak-geriknya mencurigakan,“ tutur Kasat Intel.

Usai dengan paparan yang diberikan Kabag Ops, Kasat Intelkam, Waka Polres Banyumas Kompol Malpa Malacoppo S.H., S.I.K., .M.I.K menyampaiakan terkait hal itu agar anggota waspada akan aksi yang dilakukan oleh kelompok tertentu yang nantinya akan menggangu perayaan natal 2016 dan tahun Baru 2017 di Kab. Banyumas.

“Anggota harus siap siaga jelang pengamanan natal 2016 dan tahun baru 2017, lakukan Operasi Pekat terutama miras. Perayaan nanti akan banyak kalangan muda atau masyarakat akan pesta pastinya minum minuman keras, jadi tolong untuk semua peserta lat pra ops sampaikan kepada anggota lain agar selalu waspada, siap siaga serta gelar terus razia miras”, terang Waka Polres Banyumas.

Intinya melalui pelatihan pra ops ini Polres Banyumas  dan jajaran siap memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat saat perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

 

(Humas Polres Banyumas Polda Jawa Tengah)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password