Tambang Emas Ilegal, Kembali Ditangkap Polda Kalbar

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Tambang emas ilegal disikat habis Polda Kalbar, dua kelompok penambangan berhasil diamankan Polres Sambas karena melakukan kegiatan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Blok J4 Divisi II PT. Karya Boga Kusuma Dusun Prajo, Desa Madak, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas, Jumat (24/2/17).

Kapolda Kalimantan Barat, Irjen (Pol) Drs. Musyafak, SH, MM, menyatakan penambangan emas ilegal ini memang menjadi momok karena menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan luar biasa, para penambang emas ini sebelumnya sulit diberantas, selalu ada perlawanan dari para pekerja sehingga menyebabkan kericuhan.

 

IMG_7086

Kapolda Kalbar mengapresiasi kinerja Polres Sambas beserta jajarannya yang berhasil kembali menyita 2 (dua) set mesin dompeng berikut pipa paralon, selang besar dan keset pengolahan emas.

Hukum harus di Tegakkan, “Bukan pekerja lapangan dan pendulang saja yang akan di proses, tetapi pengusaha, penampung dan pemodal yang membeli hasil tambang kita proses juga”. Terhadap pelaku diterapkan Undang-undang Minerba dengan ancaman pidana 10 tahun dan denda Rp 10 miliar,” tutur Kapolda.

Sementara itu Kapolres Sambas, AKBP Cahyo Hadi Prabowo, SH, SIK, menyampaikan terkait kegiatan Penambangan Emas Tanpa Ijin pihaknya kembali mengamankan sebelas penambang ilegal dari dua kelompok PETI tersebut.

IMG_7087

“Dalam giat tersebut kita mengamankan satu kelompok yang terdiri dari enam orang dengan kepala kelompok SK dan di tempat yang sama kembali diamankan kelompok lainnya berjumlah lima orang dengan kepala kelompok FY, pada Jumat sekitar pukul 15.00 WIB,” ujarnya, Sabtu (25/2/17).

Terhadap Pelaku dan Barang Bukti kita amankan ke Polres Sambas untuk di proses lebih lanjut, dengan persangkaan pasal 158 UU RI nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Penulis: Cucu Safiyudin
Editur: Sugeng.hs / Kang Iqbal96

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password