Pak Polisi, Kami Pulang Kampung Saja

 

 

IMG-20170226-WA0106

tribratanew.polri.go.id-Polres Pelabuhan Tanjung Priok |

Itulah ungkapan yang dilontarkan salah satu eks TKI Deportasi Negara Malaysia yang baru saja turun dari kapal KM. Umsini tiba dari daerah Kijang yang sandar didermaga terminal Penumpang Nusantara Pura 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu 25-2-2017 tengah malam.

“Saya lebih baik pulang kampung saja, dan cari kerja di daerah sendiri daripada di rantau orang malah menderita, terima kasih ya pak kami dilayani dengan baik di sini” kata Sepia pengiriman dari Jawa Barat, saat di minta keteranganya oleh Ipda Sudirman.

Ada 198 orang eks TKI di Deportasi dari Negara Malaysia dikarenakan Ilegal, setelah ditangkap oleh pihak Imigrasi negara Malaysia kemudian dideportasi ke Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Pinang.

Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan Stakeholder Pelabuhan yang menyambut dan melakukan pengamanan serta pelayanan, mengarahkan eks TKI sebanyak 198 orang tersebut setelah turun dari kapal KM. Umsini untuk masuk kedalam ruang tunggu TKI untuk dilakukan pendataan oleh Satgas TKI dari Kementrian Sosial.

Setelah dilakukan pendataan para TKI dikelompokkan sesuai daerah masing2 kemudian pihak Satgas memberikan bingkisan, uang jalan sebesar Rp. 200.000,- dan makan malam.

Rencananya eks TKI Deportasi akan dipulangkan kedaerah masing2 dengan menggunakan kendaraan dari Perum Damri dgn tujuan Jambi 2 orang, Sumatra Selatan 3 orang, Lampung 10 orang, Banten 5 orang, Jawa Barat 13 orang, Jawa Tengah 10 orang, Jawa Timur 89 orang, Bali 1 orang, NTB 33 orang, NTT 4 orang, Kalimantan Barat 1 orang, Kalimantan Tengah 1 orang, Kalimantan Timur 1 orang dan Untuk tujuan Sulawesi Barat 6 orang, Sulawesi Selatan 19 orang, Sulawesi Tenggara 1 orang menggunakan kapal KM. Umsini.

Selama pelaksanaan Pelayanan dan Pengamanan dipimpin oleh Kapolsubsektor Pelni Ipda Sudirman bersama dgn piket Fungsi Polres Pelabuhan Tg Priok dan Piket Stakeholder Pelabuhan sebanyak 23 personil.

Penulis : Sutrisno

Editor  : Kang Ikbal

Publish : Sutrisno

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password