Bangun Komunikasi Baik dengan Warga, 97 Senpi Rakitan Diserahkan ke Jajaran Polres Bungo

WhatsApp Image 2017-02-24 at 20.37.08

WhatsApp Image 2017-02-24 at 20.37.08

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bungo, Dukungan peran serta masyarakat terhadap kekondusifan keamanan dan ketertiban, tercipta komunikasi kamtibmas yang dibangun Kepolisian Sektor Jujuhan saat menyampaikan himbauan tertulis Kapolres Bungo terkait penyerahan Senjata Api Illegal secara sukarela, sebanyak Tujuh belas Senjata Api (Senpi) rakitan illegal jenis laras panjang berhasil diamankan.

Kepala Kepolisian Sektor Jujuhan Iptu David Yudhistira, S.IK mengatakan keseluruhan Senpi illegal tersebut didapatkan melalui komunikasi yang kita bangun bersama warga masyarakat. Ia juga mengapresiasi atas komitmen warga masyarakat dalam mendukung peran serta terhadap tugas dan fungsi Kepolisian, guna mengantisipasi terjadinya tindak pidana kriminalitas dari penyalahgunaan Senpi Ilegal.

“Ini merupakan hasil kerja sama kita dari dukungan semua elemen warga masyarakat Kec. Jujuhan, Kita harapkan wilayah hukum Polsek Jujuhan mulai hari ini bebas dari kepemilikan Senpi Ilegal setelah himbauan tertulis Bapak Kapolres ini kita sampaikan secara komprehensif di setiap Dusun”, ujar Iptu David Yudhistira, S.IK ketika dihubungi tribratanews.polri.com, Kamis (25/02/2017).

Hingga saat ini, data yang diterima. Polres Bungo telah berhasil mengamankan sebanyak 97 (sembilan puluh tujuh) Senpi rakitan illegal dari kewilayahan Polsek jajaran. Hal ini menujukan kesadaran masyarakat memiliki insiatif yang positif terhadap apa yang menjadi tujuan dari himbauan tertulis Kapolres Bungo.

DSC_9243Saat dikonfirmasi, Kapolres Bungo AKBP Asep Amar Permana, S.IK, MM mengatakan “Saya harapkan jumlah ini terus bertambah, melalui jalinan komunikasi kerjasama mitra kamtibmas yang dibangun para Bhabinkamtibmas di kewilayahan, tujuan kita bukan untuk institusi Kepolisian tapi untuk keamanan dan ketertiban di masyarakat”

Seperti  diketahui, bahwa Dispensasi hukuman yang diberikan kepada pemilik Senpi illegal yang menyerahkan secara sukarela, apabila Senpi tersebut belum pernah digunakan untuk tindak pidana.

“Kalau untuk berburu satwa di hutan dan untuk menjaga diri sebelumnya, pemilik masih kita berikan Dispensasi”, ujar AKBP Asep Amar Permana, S.IK, MM.

Upaya AKBP Asep Amar Permana, S.IK, MM mengumpulkan Senpi illegal yang beredar di masyarakat, selain mewujudkan kekondusifan keamanan dan ketertiban di masyarakat, turut menjaga ekositem satwa lindung dari perburuan liar.

Ia turut memberikan ultimatum, akan menindak tegas pemilik senpi illegal yang belum menyerahkannya kepada pihak Kepolisian, apabila batas waktu yang ditentukan sudah habis.

Penulis : Ikhrom P.

Editor : Iqbal 96.

Publish : Ikhrom P.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password