Bajak Akun Facebook Bupati HSU, 2 Orang Ini Dipidanakan

tribratanews.polri.go.id, Polres HSU- Warga Amuntai sempat dihebohkan dengan adanya penipuan mengatasnamakan Bupati HSU H. Abdul Wahid yang terjadi pada (6/2/2017)

Pelanggaran Tindak pidana ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik dan Penipuan penggelapan ini mendapatkan penangganan serius dari Reskrim Polres HSU, semua data dikumpulkan hingga menemukan titik terang pelaku penipuan tersebut.

Kejadian bermula saat korban akan membuka Akun Facebook miliknya melalui HP ternyata tidak dapat dibuka selang 30 menit kemudian rekan pelapor menghubunginya Via Telpon dan menanyakan apakah korban ada mengirim pesan melalui Massanger, saat itu pelapor bingung dan mengatakan bahwa tidak mengirim pesan kepada rekan-rekannya.

Ternyata dari isi pesan yang diduga dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab tersebut, rekan pelapor mengalami kerugian uang yang nilainya bervariasi, untuk menghindari kerugian yang lebih besar serta nama baik pelapor tercoreng kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polres HSU.

IMG-20170224-WA0214

Pada hari Rabu tgl 22 Februari 2017 Satuan reskrim Polres HSU back up Resmob Polda Kalsel telah mengamankan yang di duga sebagai pelaku dalam tindak pidana ITE dan Penipuan Penggelapan, ditangkap SHE (37) di komplek herlina jl.melati kec.banjarmasin utara kota Banjarmasin.

Setelah dilakukan pengembangan dari SHE, didapatkan Nama tersangka baru dari   Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banjarbaru bahwa yang menyuruh membuka rekening, mengambil dan mentransfer uang yaitu HEL (22) warga Jl. Bumi Mas Komplek Bumi putera Rt. 09 No. 55 Kel. Pemurus Baru Kec. Banjarmasin Timur kota. Banjarmasin

HEL dalam pemeriksaan mengakui bahwa yang mengambil alih akun facebook atas nama H. ABDUL WAHID ( BUPATI KAB. HSU ) dan yang menyuruh SHE untuk menjalankan proses penipuan pengambilan uang di Bank. Barang bukti yang berhasil disita adalah buku tabungan, ATM, serta uang sebesar Rp.3.150.000,- (tiga juta seratus lima puluh ribu rupiah).

Kapolres HSU Akbp Agus Sudaryatno, S.iK melalui Kasubbag Humas Ipda Alam Sakti. S membenarkan penangkapan tersebut dan sekarang masih dalam proses penyidikan.

Penulis : Lois Adi

Editor.  : Kang Iqbal

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password