Melalui Bintek Polsus, Tingkatkan Sinergitas Polda Sumsel dan Lembaga Pemerintahan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel, Pembinaan teknis fungsi Kepolisian terhadap Polsus dan Pol – PP di wilayah Polda Sumsel di Ruang Rekonfu Mapolda Sumsel. Jum’at (24/2)

Keberadaan Kepolisian khusus dan Polisi Pamong Praja sebagai bagian pengemban fungsi Kepolisian yan g bertugas menegakkan peraturan perundang – undangan dibidangnya masing – masing, terbatas pada berbagai instansi atau badan pemerintahan / BUMN dengan demikian Polsus dan Pol – PP merupakan alat kelengkapan instansi atau badan pemerintahan / BUMN yang oleh kuasa undang – undang diberi wewenang untuk melaksanakan fungsi Kepolisian dibidang teknisnya masing – masing, sehingga wewenang Kepolisian yang dimilikinya bersifat khusus dan terbatas yang ditetapkan oleh peraturan perundang – undangan yang menjadi dasar hukumnya.

Rapat kordinasi yang di ikuti oleh 100 orang yang terdiri dari berbagai instansi, lembaga pemerintahan maupun BUMN, turut hadir Irwasda Sumsel dan pejabat utama Polda Sumsel.

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol. Drs. Asep Suhendar, M.Si  saat membacakan sambutan Kapolda Sumsel mengatakan, tugas Polsus maupun Pol – PP adalah menegakkan peraturan perundang – undangan yang menjadi dasar hukumnya yang dilaksanakan secara preemtif, preventif dan represif non yustisil.

Wakapolda menambahkan, tugas Polsus dan Pol – PP tidaklah mudah terutama yang bersifat represif non yustisil yang merupakan salah satu manifestasi dari fungsi Kepolisian terbatas yang berdimensi yuridis yang melakukan tindakan – tindakan hukum terhadap pelanggar peraturan perundang – undangan tertentu dilingkup tugasnya masing – masing.

Disamping itu, guna meminimalisir hal negatif tersebut, maka fungsi kordinasi, pengawasan dan pembinaan teknis Kepolisian oleh Polri perlu terus dilaksanakan secara efektif dan efisien. Salah satu bentuk kegiatannya adalah pembinaan teknis yang kita laksanakan pada saat ini, kata Wakapolda

Diakhir sambutannya Wakapolda mengharapkan setelah kegiatan ini, mari kita tingkatkan profesionalisme Polsus dan kemitraan antara Polri dan Lembaga Kementrian / Instansi / Badan Pemerintahan atau BUMN yang memiliki Polsus dalam rangka sinergitas fungsi Kepolisian, ujarnya

 

Penulis : Yulius

Editor   : Iqbal 96

Publis   : Yulius

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password