Pengabdian Tanpa Batas, dengan Rutin dan Telaten Ia Rawat Warganya yang Mengalami Gangguan Jiwa

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Perhatian pemerintah terhadap penyandang gangguan jiwa patut diacungi jempol. Petugas kesehatan dari Puskesmas atau Dinas Kesehatan rutin mendatangi rumah warga yang memiliki keluarga yang menderita gangguan jiwa. Bahkan di RSUD Dr. Soedomo Trenggalek telah memiliki ruang khusus perawatan bagi penderita gangguan jiwa atau ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa).

Dalam prosesnya, Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Trenggalek selalu dilibatkan saat perawatan pasien ODGJ oleh petugas kesehatan. Maklum saja, beberapa diantaranya masih sering mengamuk yang bisa berakibat penyerangan baik petugas maupun masyarakat sekitar.

Biasanya, para Bhabinkamtibmas kebanggaan Polres Trenggalek ini hanya sebatas mendampingi dan mengamankan kegiatan perawatan ODGJ saja. Namun kali ini berbeda, Bhabikamtibmas jajaran Polres trenggalek satu ini justru terlihat terlibat aktif memandikan seorang pasien ODGJ di Desa Malasan Kecamatan Durenan. Sepintas lalu, si pasien yang bernama Sumadi ini memang sudah berumur. Tapi memandikannya juga bukan perkara mudah. Bripka Sutikno yang juga anggota Polsek Durenan Polres Trenggalek ini dengan sabar dan telaten mengguyurkan air ke tubuh Sumadi sembari sesekali mengajak bicara.

“Sambil bedialog, pak sumadi jadi lebih tenang. Kan juga sudah sepuh, meskipun mengalami gangguan jiwa tetap harus kita hormati”, ujar Polisi yang sehari-hari berdinas di Unitreskrim Polsek Durenan Polres Trenggalek ini.

Bagi kita mungkin hanya pekerjaan sepele. Namun sekali lagi, ini bukan perkara mudah. Butuh kesabaran dan ketelatenan luar biasa untuk mendekati dan berbicara dengan penyandang ODGJ. Dan hal tersebut sudah mampu membuktikan kepedulian seorang Bripka Sutikno terhadap warga dan lingkungannya sesuai dengan program Polisi Peduli Sesama yang dicanangkan oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, SIK, M.Hum beberapa bulan yang lalu.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password