Cara Unik untuk Menanamkan Tertib Berlalu Lintas bagi Pelajar

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Tingginya angka kecelakaan di Kabupaten Trenggalek yang banyak melibatkan pelajar sekolah menjadi perhatian Polsek Dongko Polres Trenggalek. Tak ingin warganya menjadi korban sia-sia, Polsek yang dipimpin oleh AKP Tri Basuki ini pun berinisiatif memasang poster himbauan di beberapa titik strategis di wilayahnya.

Poster berukuran sedang tersebut berisikan 3 hal. Pertama, “pertahankan nyawamu meskipun satu detik”, dengan ilustrasi foto dan gambar kecelakaan lalu lintas. Kedua, “ingin selamat hindari hal ini”, berisi foto pelanggaran lalu lintas seperti bonceng tiga, menerobos lampu merah dan bermain handphone saat berkendara. Dan yang ketiga, “ingat kamu ditunggu keluarga”, berisikan ilustrasi keluarga yang berbahagia menunggu kedatangan putranya.

Dibalik poster sederhana tersebut tersirat dengan jelas makna yang cukup mendalam dan sistematis. Pesan yang disampaikan bahwa dalam berkendara bukan diri sendiri saja yang akan dirugikan, namun juga orang lain dan keluarga jika sampai terjadi kecelakaan. Poster itu sendiri menceritakan akibat, apa yang harus dilakukan dan dampak yang akan diterima.

“Poster himbauan ini sengaja kami pasang di lokasi sekolah dan titik strategis lainnya. Bahasa yang digunakan juga mudah dipahami yang diperjelas dengan ilustrasi gambar-gambar”, jelas Perwira yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Munjungan Polres Trenggalek ini.

Salah satu Kapolsek di jajaran Polres Trenggalek yang pernah meraih juara satu karena kepeduliannya ini menuturkan bahwa memberikan pemahaman tertib berlalu lintas khususnya pelajar harus dilakukan secara perlahan-lahan. Dari preemtif, preventif hingga represif dilaksanakan bertahap. Selain itu, berinteraksi langsung akan sangat efektif menyentuh hati para pelajar agar tertib berlalu lintas.

“Mari menjadi pelopor tertib berlalu lintas dan jadikan keselamatan sebagai kebutuhan”, pungkas AKP Tri Basuki.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password