Kapolres Soppeng Tes Drive Randis Tes Praktek SIM CI 250 Cc

Tribratanews.polri.go.id – Soppeng Sulsel, Kapolres Soppeng Akbp Dodied Prasetyo Aji S.Ik M.H melakukan tes drive, Kendaraan Dinas Polri Satuan Lalu Lintas yang diperuntukkan untuk uji praktek pengambilan SIM jenis C1, Jumat 24/2/17.

Usai melintasi jalur ujian praktek SIM di Halaman Mako Polres Soppeng, ia mengungkapkan motor ini sudah siap digunakan, motor ini diperuntukkan untuk ujian praktek bagi pemohon SIM golongan C1, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No 60 Tahun 2016 mengenai SIM untuk sepeda motor yang dibagi dalam beberapa kategori. Kategori ini akan disesuaikan dengan kapasitas mesin motor yang akan digunakan oleh pengguna motor.

SIM C1 dan C2 sudah ditetapkan biaya pembuatannya. Kedua SIM ini berbeda peruntukannya, sesuai dengan kapasitas mesin. C1 untuk 250 cc sampai 500 cc, C2 untuk 500 cc ke atas,” ungkap Kapolres Soppeng.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Soppeng, Aiptu H Mahmuddin melanjutkan, persyaratan untuk mendapatkan SIM C1 sama seperti pengajuan SIM C, jika SIM C sudah ada, Pemilik kendaraan bermotor harus melalui pengujian baik tertulis dan praktek lagi untuk mendapatkan SIM C1.

Bila sudah memilik SIM C dan hendak memiliki SIM C1 dan 2 maka artinya pemilik kendaraan mengajukan permohonan peningkatan golongan SIM. Disini pemilik SIM C akan kembali melakukan serangkaian tes sesuai peruntukan kendaraan yang akan digunakan, jelasnya.

Karena regulasi baru maka pemilik SIM C yang sudah ada harus mengikuti tes lagi, karena beda peruntukannya.

Untuk biaya pengurusan SIM C, C1 dan C2 baru adalah sebesar Rp 100 ribu. Untuk biaya perpanjangan ketiga SIM tersebut dikenakan Rp 75.000.

Penulis : Yaya

Editor : Kang Iqbal

Publish : Abu Uwais

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password