Satuan Reskrim Polres Sidrap Amankan Puluhan Ribu Bungkus Rokok Diduga Tak Bercukai

Tribratanews.polri.go.id – Sidrap Sulsel, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sidrap berhasil mengamankan puluhan ribu bungkus rokok berbagai merek diduga tak bercukai, dari sebuah mobil ekspedisi (jasa pengangkutan barang), Rabu (22/2/2017) Siang

Kerja Sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sidrap, Petugas mengamankan mobil ekspedisi tersebut saat tengah membongkar muatan di depan sebuah minimarket di Jalan Nene Mallomo Kelurahan Pangkajene Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap.

Kasat Reskrim Polres Sidrap AKP Anita Taherong, mengatakan ribuan bungkus rokok tersebut rencananya akan diperjual belikan di Seputan Kabupaten Sidrap. Ribuan bungkus rokok tersebut diberi merek B Mild, Indi dan New Seven.

“Rokok tersebut memang memiliki pita cukai, namun kita masih meneliti lebih dalam dan akan bekerja sama dengan pihak bea cukai untuk mengecek keasliannya,” ujar Anita kepada tribratanews

Dalam penyergapan tersebut, selain mengamankan 50 Dos rokok, turut diamankan seorang sopir mobil Ekspedisi berinisial ” M ” dan dua rekan lainnya yaitu ” R ” serta ” RF “.
“Mereka kami amankan setelah adanya informasi dari masyarakat, yang mencurigai adanya aktivitas bongkar muat di tempat kejadian perkara (TKP),” katanya.

“Barang bukti sebuah kendaraan roda empat dan 50 dos rokok berbagai merk, bersama beserta ketiga sopir langsung kami amankan. Untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan,” lanjutnya

“Kami akan langsung koordinasi dengan petugas bea cukai untuk penanganan lebih lanjut ” tuturnya

“Para pelaku akan dijerat pasal 54 Undang-Undang No 39 Tahun 2007 tentang Cukai yang menyebutkan, setiap orang yang menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual barang yang kena cukai, yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilengkapi pita cukai atau tidak dibubuhi pelunasan cukai, pelaku terancam hukuman kurungan satu tahun penjara dengan denda di atas Rp 1 miliar. ” tutup Anita (cl)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password