Polres Karanganyar Berhasil Menangkap Sendikat Pembobol 20 Gerai ATM Lintas Provinsi

20170223_221004

Tribratanews.go.id- KARANGANYAR-

Dua tersangka pembobol ATM yang biasa beraksi di sepanjang jalur Yogyakarta-Solo-Ngawi mengaku sudah beraksi di sekitar 20 gerai ATM di tangkap Unit Reskrim Polsek Colomadu Karanganyar.

Modus pelaku yaitu mengganjal mesin ATM dengan mika serta menempelkan stiker nomor Call Center palsu di mesin ATM.

Kedua pelaku ini ditangkap pada Jumat 17 Februari 2017. Penangkapan dilakukan saat mereka beraksi di sebuah gerai ATM di kawasan Colomadu.

“Biasanya mereka menempel stiker call center palsu dan mika pada dini hari di gerai ATM yang sepi, keesokan harinya menunggu korban tidak jauh dari lokasi,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, SIK, MSi, Kamis (23/2/2017).

Kedua pelaku yang ditangkap adalah Ruslan Kamaludin warga Selomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman dan Evan Pri warga Wonotawang, Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Bantul. Pada aksi terakhir mereka berhasil menggasak uang lebih dari Rp18 juta.

Kapolres Karanganyar mengatakan, kemungkinan besar uang yang sudah berhasil digasak oleh kedua tersangka mencapai ratusan juta rupiah. Sebab, keduanya sudah sekitar 20 kali menguras ATM korban dan aksi terakhir menguras Rp18 juta.

“Kedua tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan hukuman tujuh tahun penjara. Mereka merupakan eksekutor, sedangkan operator call center palsu saat ini masih masuk dalam Daftar Pencarian orang (DPO),” ucapnya.

Kapolres Karanganyar mengatakan, tersangka yang ditangkap merupakan kelompok Lampung dan menetap di Yogyakarta. Tersangka kemungkinan besar sudah berpengalaman dan memiliki jaringan.| Iswanez

Editor: Kang Iqbal Asik’ 96

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password