Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si : Tiga Pilar Penjaga Kamtibmas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel / Polres Ogan Ilir, Kapolda Sumsel Irjen Drs Agung Budi Maryoto Msi melajukan kunjungan kerja (Kunker) di Mapolres Ogan Ilir (OI), Kamis (23/2) dalam kegiatan 3 pilar kamtibmas (Babinsa, Kades, Bhabinkamtibmas) Alim Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan personil Polres OI.

Acara dihadiri Kasdam II Sriwijaya , Wakapolda , Plt Bupati OI H M Ilyas panji Alam , Kapolres OI AKBP M Arif Rifia, seluruh camat, kades dan lurah serta undangan lainnya.

Dalam kunjungannya, Kapolda menyoroti beberapa peristiwa kriminal di Sumatera Selatan, mulai dari begal seperti yang menimpa ibu hamil hingga peredaran narkoba.

Kapolda juga menyinggung proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Kabupaten Musi Banyuasin beberapa waktu lalu yang berjalan kondusif.

Dalam sambutannya Kapolda mengatakan, kasus kriminal di Sumsel merupakan atensi dan harus dicegah. Namun hal itu bukan hanya peran dari pihak Kepolisian saja namun peran serta semua pihak.

“Ya, untuk mencegah tindakan kriminal dan keamanan lingkungan menjadi tanggung jawab semua pihak. Untuk itu, kami mengajak semua elemen masyarakat untuk sama-sama menciptakan keamanan dilingkungan,” ucapnya.

Terkait mengungkap kasus pembunuhan ibu hamil yang tewas ditembak dikepalanya, pihaknya sudah memerintahkan untuk membentuk tim khusus terhadap pelaku kriminalitas tersebut.

“Berkenaan dengan masih maraknya pembuatan dan peredaran senjata api (Senpi) perlu melibatkan pihak Pemda setempat. Paling tidak warga yang selama ini berprofesi pandai besi dengan mampu membuat senjata api, harus disalurkan bakatnya alias dialihkan dengan membentuk UKM. Dengan begitu keahlian bisa diarahkan menjadi sesuatu positif dan bermanfaat menjadi seorang wirausaha pandai besi, tentu tugas ini tidak bisa dilakukan oleh Polri, tapi harus dilibatkan peranan Pemda,’’ kata Kapolda.

Kapolda menambahkan, dirinya mengapresisi terhadap kebijakan Plt Bupati OI H M Ilyas Panji Alam yang akan membangun lima Mapolsek lagi di Kabupaten OI.

“Kami memberikan apresiasi perhatian Pemkab OI, semoga lima Mapolsek yang akan dibangun untuk penambah dari 6 Mapolsek yang ada bisa segera direalisasikan. Dalam dunia reformasi saat ini, peran media sangat penting sekali,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda memberikan bantuan sebagai tali asih kepada warga yang kurang mampu.

 

Penulis : Beny

Editor.  : Iqbal 96

Publish : Yulius

Admin Polri56608 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password