Kasat lantas Polres Brebes : Pengalihan Arus Dalam rangka Perbaikan Jalan Brebes – Purwokerto

WhatsApp Image 2017-02-20 at 10.30.45 AM

Tribratanews.polri.go.id – Brebes – Adanya proyek pembangunan fly over di wilayah Brebes dan Kabupaten Tegal, yakni di Dermoleng, Kecamatan Ketanggungan dan Kretek Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, serta di Kesambi dan Klonengan, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Pihak kepolisian pun melakukan rekayasa lalu lintas, agar tidak terjadi kemacetan di jalur penghubung jalur selatan dan pantura tersebut. Satlantas Polres Brebes dan Tegal, melarang truk dengan sumbu roda lebih dari dua melintas di jalur tersebut.

Meskipun demikian, truk bersumbu roda lebih dari dua tetap melintas di jalan nasional tersebut. Akibatnya, tidak jarang terjadi kemacetan di jalur tersebut.

Kasatlantas Polres Brebes, AKP Arfan Zulkhan Sipayung mengatakan pihaknya sudah mengusulkan ke Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan Jateng dan Ditlantas Polda Jateng, agar jalan nasional kelas satu itu hanya boleh dilewati truk barang dengan maksimal muatan delapan ton.

“Hanya kendaraan barang maksimal muatan delapan ton dan panjang dimensi sembilan meter yang boleh melintas di jalur tersebut. Untuk kendaraan bermuatan lebih dari itu, kami tegaskan tidak boleh melintas,” Ujar Arfan, Selasa 21 Februari 2017.

Pihaknya, juga telah memasang papan pemberitahuan agar truk bermuatan lebih dari delapan ton, serta bersumbu roda lebih dari dua dilarang melintas. Papan tersebut dipasang di titik strategis sebelum memasuki jalur tersebut, misalnya di Pejagan Kabupaten Brebes, dan Ajibarang Kabupaten Banyumas.

Kendaraan berat dari arah Jakarta yang akan menuju Purwokerto dan Jogja akan melihat papan tersebut saat di Pejagan, baik itu lewat tol maupun jalan arteri pantura. Sehingga, kendaraan berat dialihkan ke pantura. Sementara, kendaraan yang dari arah Purwokerto dan Jogja akan dialihkan ke jalur selatan melalui Ajibarang, Banyumas.

“Kami melaksanakan rekayasa lalu lintas tersebut agar pembangunan flyover, perbaikan jalan di jalur nasional itu dapat berjalan dengan lancar dan sesuai target,” tambah Arfan.

Ia juga mengaku pihaknya dengan kerjasama Satlantas Polres Tegal telah menempatkan petugas piket yang mengatur rekayasa lalu lintas buka tutup jika terjadi kemacetan akibat proyek fly over dan perbaikan jalan.

“Ada pembangunan proyek fly over yang masuk wilayah hukum Polres Tegal dan Polres Brebes. Selain itu, adanya perbaikan jalan ambles di Ciregol dan jalan berlubang di beberapa titik. Sehingga, pengemudi diharapkan selalu waspada dan hati-hati,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan, perbaikan jalan dilakukan di sejumlah titik. Di antaranya di Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong yang sedang dalam proses pengecoran mengakibatkan arus terhambat karena Sat lantas berlakukan buka tutup arus.(Hms Brebes)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password